CIANJUR, [KC],-   Infrastruktur, seperti jalan dan jembatan  sangat vital. Sejauhmana pergerakan ekonomi masyarakat  akan tergantung sejauhmana pula ketersediaan infrastruktur, kalau infrastrukturnya memadai akan mendorong roda perekonomian masyarakat, sedangkan kalau morat-marit sangat dimungkinkan terjadi kemandekan.

Oleh karena itulah membangun infrastruktur menjadi prioritas dalam menggeliatkan sektor ekonomi.  Malah  ketersediaan infrastruktur  bersifat multiple effect, yang artinya berdampak pula pada sektor lainnya. Sektor kesehatan dan pendidikan yang menjadi  Indeks Pembangunan Manusia (IPM)  akan bergerak pula berkat ketersediaan infrastruktur ini.

“Saya sangat memahami betul  harapan warga di sini  mengidamkan infrastruktur, mulai dari jalan, jembatan, sekolah, MCK, dan sebagainya. Nanti pun kalau saya ditakdirkan menjadi bupati Cianjur, ketersediaan  infrastruktur  menjadi prioritas. Sebab saya  yakin jika infrastruktur  terjamin, maka akan terjadi perubahan drastis  kearah kemajuan,” kata Wakil Bupati Cianjur, Suranto, menanggapi keluhan saat bertemu dengan ratusan ibu-ibu di Kp/Desa Cidadap, Kec. Campaka, Kamis (7/5).

Tetapi agar terjadi percepatan pembangunan, tidak cukup ketersediaan infrastuktur  saja, melainkan  harus pula disokong sikap masyarakat. Wacana membangun  desa digantikan  dengan desa membangun. 
Konsekuensinya semua komponen masyarakat desa harus turut berpartisipasi di berbagai ranah kehidupan. Terlebih para pemudanya, menurut  Suranto, harus berdiri paling depan.

Pemuda ini harus menjadi  agen pembangunan, bukannya beban pembangunan. Pemuda yang menjadikan agen pembangunan ini berindikasikan memiliki semangat berubah, berketerampilan,  berintegritas moral, dan menjauhkan dari perilaku negatif. “Saya yakin  perilaku pemuda Kadupandak  memiliki semangat berubah kearah kemajuan,”  sebut  Suranto, pada acara pembukaan kompetisi  sepakbola di Kp. Wargaasih, Desa Cilember, Kec. Kadupandak.

Suranto  memang belakangan ini acapkali belusukan ke pelosok pedesaan. Pada Kamis (7/5), misalnya, disamping menghadiri pengajian ibu-ibu di Kec. Campaka, juga membuka kompetisi sepakbola di Kandupandak.  Suranto yang bakal mencalonkan diri pada pilkada Cianjur 2016-2021 berkeyakinan, dengan terjun langsung ia  akan  mengetahui kondisi ril masyarakat, termasuk harapannya. Tentu saja pemahaman kondisi ril masyarakat ini akan dijadikannya   bahan membangun Cianjur ke depan.  [KC.20]***

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.