CIANJUR, [KC],- Generasi muda tidak bisa berpangku tangan. Ia harus terus memupuk diri untuk menggapai masa depan yang gemilang. Terlebih  saat ini tantangan yang harus dihadapi generasi muda kian  kompleks. Tanpa  persiapan  matang  generasi muda bakal “ditelan” fenomena jaman yang memprihatinkan dan  ujung-ujungnya mematahkan  harapan mereka.

“Tentunya kita tidak mengharapkan generasi muda  layu  sebelum berkembang. Kita berharap generasi muda Cianjur tampil penuh semangat, berkapasitas memadai untuk menjadi pemimpin di masa depan,” kata Wakil Bupati Cianjur,  Suranto, saat pembukaan Musda Nasyatul Aisyiah dan Muscab Ikatan  Mahasiswa Muhammadiyah Kab. Cianjur, di Gedung Islam Kreatif Muhammadiyah.

Fenomena jaman terus berubah, seiring dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan  teknologi, terutama  informasi. Di satu pihak,  menurut Suranto,  leluasanya  mengakses informasi ini  menguntungkan, karena orang akan mudah mengakses pengetahuan. Namun di pihak lain justru  merugikan, karena orang pun akan mudah  mengakses hal-hal negatif, seperti pornografi, kekerasan dan sebagainya.  

Oleh karena itu dalam menyiapkan generasi unggul sangat diperlukan peran  orang tua. Sejak dini, imbaunya, orang tua harus  telaten mendidik anak, baik di lingkunagn keluarga, lingkungan pergaulan, termasuk di sekolahan. Jangan sekali-sekali memercayakan pendidikan anak sepenuhnya kepada sekolahan, apalagi lingkungan tetangga. Terlebih sejatinya di lingkungan keluarga sendiri terdapat ancaman yakni tontonan media televisi yang banyak  menyuguhkan tayangan  tidak mendidik  bagi anak-anak.
 
Malah konon,  survey menyebutkan, 60%  karakter anak ditentukan  tayangan televisi,   15% didikan  orang tua di rumah, selebihnya hasil interaksi anak dengan lingkungannya, termasuk lingkungan sekolah. Ini  artinya peranan orang tua sangat besar dalam memantau perilaku anak yang menonton media televisi. ”Apa yang ditonton anak sebaiknya orang tua mengetahui, serta memilih dan memilahkannya,” ujar Suranto  yang akan  mencalonkan diri sebagai bupati Cianjur periode 2016-2021.                                      

Intinya, sebut Suranto, membangun generasi muda handal harus dimulai sejak dini, serta diawali oleh orang tuanya sendiri. Jika orangtuanya lalai,  maka dimungkinkan melahirkan generasi lemah. Sedangkan jika telaten, maka akan melahirkan generasi muda handal, yang sanggup mengukir sejarah, baik lokal, nasional, bahkan internasional.[KC.10/An]***

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.