CIANJUR, [KC],- Sikap masyarakat terhadap puskemas mesti dirubah. Sekarang ini paradigma sakit masih kuat di masyarakat, sehingga   kebanyakan orang mendatangi puskesmas  diwaktu sakit saja. Padahal yang terbaik adalah paradigma sehat. Dengan paradigma sehat, orang mendatangi puskesmas tidak sekadar untuk berobat, melainkan untuk berkonsultasi, baik seputar kesehatan pribadi  maupun kesehatan lingkungannya.    

Karena paradigma sakit ini masih kuat di masyarakat, kepanjangan  puskesmas pun dipelesetkan menjadi  ‘pusat kesakitan  masyarakat”, sekaitan hanya orang sakit lah yang mendatangi puskesmas. “Ini urusan paradigma atau cara berpikir,  dan tentunya memerlukan  penanganan kompleks dan membutuhkan waktu  panjang untuk mengubahnya,” sebut Wakil Bupati Cianjur, Suranto, saat kunjungan kerja ke Puskesmas Cidaun, Jum’at (15/5).

Sebab, lanjutnya, bukan saja di pedesaan, di perkotaan pun  paradigma sakit ini relatif kuat. Karena urusan cara berpikir  masyarakat ini berkaitan pula dengan tingkat pendidikan dan ekonomi masyarakat, yang ujung-ujungnya pun   harus dibarengi ketersediaan sarana layanan kesehatan, sakaligus sumber daya manusia (sdm) memadai. Kalau saja paradigma masyarakat  menjadi paradigma sehat, didukung sarana kesehatan dan sdm memadai, diyakini Suranto, indeks pembangunan manusia (IPM) sektor kesehatan Cianjur meningkat tajam.    

Memang, disamping urusan paradigma masyarakat, sarana yang dimiliki puskesmas di Cianjur sendiri  masih digayuti kekurangan  dalam mendongkrak  IPM sektor kesehatan. Penambahan sarana dan prasarana kesehatan  masih perlu dilakukan, agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan  secara maksimal. “Siapapun yang menjadi bupati Cianjur nanti, urusan sarana puskesmas harus diperhatikan, agar IPM sektor kesehatan meningkat,” ucap Suranto, yang mencalonkan diri sebagai Bupati Cianjur periode 2016-2021.

Usai mengunjungi puskesmas, orang “nomor dua” di Cianjur ini pun melanjutkan kunjungannya ke kantor Desa Cidamar, kecamatan yang sama. Kepada aparat desa ia meminta untuk meningkatkan kinerja, agar masyarakat bisa  menikmati pelayanan yang maksimal. “Tingkat kepuasan masyarakat ini menjadi barometer utama kinerja aparat,” tandasnya yang diamini semua aparat desa yang hadir di sana. [KC.10/SMC]***   

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.