Iklan

iklan

Tiga Hal Berikut Jadi Perhatian Herman dalam Pendidikan Cianjur

Sunday, May 10, 2015 | 9:05:00 PM WIB Last Updated 2015-05-10T14:05:53Z
CIANJUR, [KC],- Dalam sebuah diskusi, yang diadakan di sela acara Try Out Manjur SBMPTN 2015, di  BCNY Cianjur (10/5/15). Herman Suherman mengatakan, tingkat pendidikan rata-rata masyarakat Cianjur, memang masih relatif rendah. Hal itu menurut Herman, disebabkan oleh tiga hal.

Pertama adalah karena pola pikir masyarakat tentang pentingnya pendidikan yang masih kurang. Masih banyak yang menganggap sekolah apalagi kuliah itu tidak terlalu penting dan hanya buang-buang biaya.
Persoalan infrastruktur juga tak kalah besar pengaruhnya. “ Sebelum bicara tentang pendidikan tinggi, kita harus lihat juga masalah pendidikan di tingkat dasar dan menengahnya. Dari kunjungan saya di berbagai wilayah saya lihat masalah utama di Cianjur ini adalah persoalan infrastruktur, seperti akses jalan ke sekolah, jembatan serta sarana dan prasarana sekolah,” papar Herman.

Infrastruktur jalan juga besar pengaruhnya dalam hal ekonomi masyarakat. Sulitnya akses jalan membuat ekonomi biaya tinggi. “Bagaimana mau berpikir kuliahkan anak, jika untuk sehari-hari saja masih kekurangan,” ujarnya.

Hal ketiga yang menjadi perhatian Herman adalah kualitas, kesejahteraan, dan ketidakmerataan tenaga pendidik. Menurutnya pengembangan infrastruktur pendidikan  harus sejalan dengan pengembangan strukturnya, seperti  kualitas tenaga pengajarnya, yang harus diperhatikan juga masalah kesejahteraanya, terutama  honorer dan sukwan.

“Saya sering mendengar, banyak guru yang  honorer di daerah terpencil di Cianjur Selatan , setelah diangkat menjadi PNS, minta dipindah ke wilayah utara dengan berbagai alasan. Akhirnya kualitas dan kuantitas tenaga pengajar pun tidak merata antara Cianjur Utara dengan Selatan,” papar Herman. Untuk mengatasinya Herman berpendapat, harus ada insentif lebih pada guru-guru yang mau mengabdi di daerah terpencil.[KC.13/TB]**

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tiga Hal Berikut Jadi Perhatian Herman dalam Pendidikan Cianjur

Trending Now

Iklan

iklan