CIANJUR, [KC],- Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Pengurus Daerah (PD) Cianjur menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan “Workshop Perencanaan Keuangan Syariah 2015”. Acara ini diprakarsai oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan  MES  yang dilaksanakan serentak di sembilan kota di Jawa Barat (Jabar) diantaranya Kota Bandung, Kab. Bandung, Cianjur, Ciamis, Cirebon, Garut, Karawang, Bekasi dan Depok.

Di Cianjur Workshop dilaksanakan di Sangga Buana Hotel Cipanas itu dibuka langsung oleh Ketua Umum PD.Masyarakat Ekonomi Syariah, Herlan Firmansyah, S.Pd,M.Pd yang beriringan dengan sambutan dari perwakilan OJK, Nurhasanah.

Ketua PD MES Cianjur, Herlan Firmansyah, S.Pd,M.Pd dalam sambutannya menyebutkan bahwa perencanaan keuangan syariah keluarga masih dianggap hal baru oleh sebagaian masyarakat, di tengah booming nya sektor keuangan syariah. Padahal dengan semakin banyaknya permasalahan kehidupan dan beragamnya prioritas keuangan yang ingin dicapai, hal itu perlu ilmu perencanaan keuangan yang baik untuk memperbaiki kualitas hidup di dunia dan mempersiapkan kehidupan selanjutnya di akhirat yang mencakup peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

" perencanaan keuangan syariah keluarga sangatlah penting untuk menjamin kualitas hidup keluarga seperti halnya mempersiapkan biaya pendidikan, biaya kesehatan, biaya kendaraan, biaya properti dan biaya beribadah umroh ataupun haji karena kecenderungan yang terjadi selama ini permasalahan bagaimana merencanakan keuangan sering kurang mendapat perhatian apalagi yang sesuai dengan syariah" ungkap Herlan.

Herlan menambahkan  melalui program sosialisasi dan edukasi MES bekerjasama dengan OJK tentang pentingnya perencanaan keuangan syariah keluarga diharapkan berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan market share industri keuangan syariah di Indonesia dengan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan jasa perusahaan asuransi syariah, perbankan syariah, pasar modal syariah, lembaga pembiayaan syariah dan lembaga keuangan mikro syariah.

 “Sebagai salah satu stakeholder pengembangan dan penerapan ekonomi syariah di Indonesia, MES telah berada di 26 wilayah provinsi dan 56 daerah kota/ kabupaten, serta empat pengurus wilayah khusus luar negeri yaitu United Kingdom, Jerman, Arab Saudi dan Malaysia,”kata herlan kepada Kabarcianjur.com

Materi workshop dibagi dua sesi. Pertama diisi Jayadin, S.Si,MM,  yang merupakan Ketua Komite 27 Bidang Perencanaan Keuangan Syariah MES Pusat, menyampaikan materi “Manajemen Perencanaan Pengelolaan Keungan Syariah Keluarga”.

Dalam sesi ini para peserta diajak mengubah pola pikir soal uang serta keuangan, dan diberikan langkah-langkah praktis dalam pengelolaan keuangan keluarga dengan prinsip-prinsip yang sederhana namun tetap berada dalam koridor syariah, dan tentunya akan mudah digunakan dalam aktifitas keuangan keluarga sehari-hari.

Sesi kedua workshop penyampaian Success Story dari Encon Rahman,S.Pd Ketua Umum "KPK" Komisi Pemberdayaan Keluarga, dirinya berbagi tips pengelolaan keuangan keluarga dengan memaksimalkan penerapan dua prinsip yaitu efisiensi, dan strategi penambahan income keluarga.

Workshop massal yang meraih penghargaan rekor MURI ini diikuti oleh 1.200 peserta, di Cianjur workshop diikuti oleh 130 orang, terdiri dari ibu-ibu PKK, majlis ta'lim, pelaku UMKM, dan Guru Ekonomi SMA, serta Mahasiswa yang sudah menikah. [KC.04]**


Galery Foto Giat PD MES Cianjur



Kegiatan Workshop Perencanaan Keuangan Syariah 2015, 
Kerjasama MES dan OJK (6/06).
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.