CIANJUR, [KC].- DPC Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Kabupaten Cianjur mengaku khawatir jika BBM jenis solar itu diselendupkan ke sejumlah galian C. Hiswana menduga kemungkinan kecil BBM tersebut diselundupkan keluar daerah karena sangat riskan dan mudah diketahui.

"Jelas kami khawatir solar itu dipasok ke sejumlah galian C, karena di Cianjur galian itu sangat banyak. Belum lagi SPBU yang menjual solar nonsubsidi hanya ada satu, yakni di Jalan Perintis Kemerdekaan," kata Kabid SPBU DPC Hiswana Migas Kabupaten Cianjur, Mesdiyono Yanto.

Meski demikian pihaknya mengaku tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan penggunaan BBM di sejumlah galian C tersebut. Pihaknya hanya bisa mengawasi penjualan di setiap SPBU saja.

"Sejauh ini, setelah melakukan pemeriksaan ke setiap SBPU terkait kejadian ini, belum ditemukan dugaan adanya keterlibatan oknum SPBU," katanya.

Adapun pembelian solar dengan jumlah yang banyak, kata Yanto, hanya konsumen yang memiliki surat rekomendasi dari SKPD untuk kebutuhan IKM dan pertanian. Itupun masih harus disesuikan berdasarkan kebutuhan dan maksimal hanya 8.000 liter per bulan.

"Kami dan Pertamina akan lebih ketat mengawasi setiap penjualan BBM. Tapi yang jelas SPBU akan melayani konsumen yang membawa surat rekomendasi khusus BBM bersubsidi untuk kebutuhan IKM dan pertanian," jelasnya.

Kepala Bidang Pedagangan Dinas Perindustrian dan Perdangan (Disperindag) Kabupaten Cianjur, Judi Adi Nugroho, menyebut bahwa surat rekomendasi itu ada masa kadaluwarsanya. Jadi harus diperiksa kembali dan diperketat. Sementara itu, untuk mencegah adanya pasokan BBM bersubsidi ke galian C, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas PSDAP Kabupaten Cianjur untuk melakukan sidak.

"Pada prinsipnya solar yang bersubsidi itu tidak boleh untuk galian C. Makanya kami akan koordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan pengecekan," tegasnya [KC-02/gp]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.