CIANJUR, [KC].- Untuk menekan terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok yang tidak wajar, Pemkab Cianjur akan menggelar inspeksi ke sejumlah pasar setiap dua hari sekali selama bulan ramadan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur, Oting Zainal Mutaqin mengungkapkan inspeksi tersebut akan difokuskan terhadap pasar tradisional yang kerapkali terjadi lonjakan harga kebutuhan pokok.

"Kita akan awasai semuanya, termasuk kebutuhan gas 3 kg, sembako bahkan air minum galon. Biasanya, H-7 lebaran itu adalah yang paling sulit pasokan bahan baku sebab truk-truk besar dilarang melintas. Karena itu, kami akan awasi agar stok sebelum H-7 lebaran mencukupi, sehingga tidak terjadi kenaikan harga yang tidak wajar," kata Oting ke sejumlah awak media usai melakukan pertemuan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), para Pemasok, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Distributor, Bandar Grosir, Kepala Pasar, Kodim dan Polres Cianjur.

Dikatakannya, Pemkab Cianjur sudah membentuk Tim Khusus yang akan secara rutin mengecek perubahan harga ke pasar. Selain itu Pemkab Cianjur juga telah berencana untuk menggelar operasi pasar murah untuk mengantisipasi lonjakan harga.

"Kalau melihat data yang ada stok kebutuhan itu aman sampai lebaran kedepan, kalau ternyata terjadi lonjakan harga antisipasinya akan dilakukan operasi pasar," tegasnya.

Dijelaskan Oting, pemantauan serta penetapan harga tersebut berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Harga Kebutuhan Pokok dan Barang Penting yang ditandatangani tanggal 15 Juni 2015.
Namun menurutnya, pedagang yang menjual harga melebihi batas ketentuan tidak akan mendapatkan sanksi pidana, melainkan hanya diingatkan saja.

"Kalau yang dipidana merupakan pedagang yang menimbun barang hingga langka dan mengakibatkan harganya melambung tinggi. Untuk masalah itu kami berkoordinasi dengan Polres Cianjur, mereka akan menindak yang melakukan penimbunan," tegasntya [KC-02/is]**


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.