CIANJUR, [KC].- Sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan terhadap lingkungan hidup dan sosial,  PT Tirta Investama (Aqua) melakukan kegiatan bersama Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), berupa penanaman pohon. Kegiatan yang bertajuk program restorasi kawasan hutan melalui  konservasi keanekaragaman hayati berbasis pemberdayaan masyarakat itu berlangsung di Blok Citatah, Resort Ptn Tegalega, Cianjur.

Acara penanaman ini dihadiri oleh perwakilan Pemerintahan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Cianjur, Camat Gekbrong dan Warungkondang, Dinas Lingkungan Hidup Kab Cianjur, Polsek dan Koramil Warungkondang, Perwakilan ESDM Kab. Cianjur dan ESDM Provinsi Jawa Barat, beberapa relawan yang merupakan karyawan Danone Aqua, serta warga desa setempat.

Kepala Pabrik  PT Tirta Investama-Cianjur Sonny Hermanto mengatakan, melalui penanaman pohon diharapkan keanekaragaman hayati di kawasan tanam nasional ini dapat meningkat  dan mempertahankan keberagaman tanaman hayati lokal. "Dengan kata lain penanaman pohon ini merupakan upaya untuk mempertahankan tanaman lokal yang dimiliki Indonesia," katanya.
Sonny menjelaskan, PT Tirta Investama berkomitmen untuk tetap berkontribusi dalam pelestarian lingkungan  dengan mengembangkan tanaman lokal. Pada tahun 2015 adalah awal dari program kerjasama dengan pihak TNGGP dengan penanaman pohon yang akan ditanam dan dirawat secara berkala.
Sementara itu, Kepala Balai Besar TNGGP, Ir Herry Subagiadi, mengatakan, pada tahun 2003, kawasan TNGGP mengalami penambahan luas areal dari sebelumnya 15.196 ha bertambah menjadi 21.975 ha.   Areal perluasan tersebut berasal dari kawasan hutan lindung dan hutan produksi yang sebagian arealnya dalam kondisi terdegradasi/monokultur akibat penggarapan, perburuan dan penggunaan/pemanfaatan lainnya.
"Tekanan dan ancaman terhadap kawasan ini juga kian meningkat, karena posisinya yang berada ditengah wilayah perkotaan dengan dinamika pembangunan dan laju pertambahan penduduk yang terus meningkat, serta terbatasnya ketersediaan lapangan kerja, rendahnya kemampuan dan daya saing masyarakat sekitar kawasan," paparnya.

Dia memaparkan, guna meningkatkan fungsi kawasan TNGGP yang sedemikian penting, maka diperlukan upaya pemulihan hutan melalui rehabilitasi dan restorasi ekosistem pada kawasan yang rusak melalui kegiatan penanaman pohon.
Hari ini, papar dia, TNGGP dan seluruh masyarakat Cianjur, khususnya masyarakat Desa Kebon Peuteuy, Desa Mekarwangi Kecamatan Gekbrong mendapat kehormatan. Karena dijadikan sebagai salah satu lokasi pilihan oleh pihak PT . Tirta Investama Plant Cianjur (Aqua), dalam pelaksanaan corporate social responsibilities (CSR), dengan mensponsori kegiatan restorasi kawasan hutan melalui program konservasi keanekaragaman hayati berbasis pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan TNGGP.

"Inilah komitmen yang nyata dari PT Tirta Investama  Plant Cianjur untuk mendukung upaya konservasi keanekaragaman hayati, khususnya di kawasan konservasi taman nasional gunung gede pangrango," tegasnya.
Dia menerangkan, bentuk dukungan itu secara formal telah dituangkan dalam sebuah kesepakatan kerjasama.  Dimana perjanjian tersebut mengusung program kerja yang mendukung upaya konservasi keanekaragaman hayati berbasis pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan konservasi dengan ruang lingkup kegiatan. "Yaitu restorasi ekosistem hutan dan pemberdayaan masyarakat yang akan dijalankan dalam jangka waktu lima tahun (2015 – 2019). " tegasnya.

Sementara itu, Camat Gekbrong , Dadang Prawira  mengatakan,  menanam pohon merupakan kegiatan yang sangat mulya dan harus di budayakan. "Keberadaan sumberdaya alam hayati dan ekosistem kawasan TNGGP  adalah titisan-ciptaan dan bukti kebesaran ilahi-tuhan sang pencipta, memiliki fungsi dan perananan yang amat penting  bagi keberlangsungan hidup seluruh mahluk hidup," paparanya. 
Oleh karenanya, tambah dia, keberadaan kawasan ini mutlak untuk dijaga, dilindungi dan diawetkan agar tetap lestari dan berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahun [KC-02/dak]**
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!



Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.