CIANJUR, [KC].- Ini peringatan bagi masyarakat yang harus berhati-hati dalam melakukan transaksi keuangan, betapa tidak, menjelang dan memasuki ramadhan peredaran uang palsu (Upal) semakin merajalele.. Terbukti dalam satu bulan terakhir Kepolisian Resort Cianjur berhasil menangkap tiga pelaku pengedar Upal.

Ketiga pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut ditangkap di dua lokasi berbeda dengan kasus yang berbeda pula. Dua tersangka yaitu A (40) dan DM (44) ditangkap di Kecamatan Ciranjang, sementara Y (35) ditangkap di Kecamatan Cibonong.

Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu melalui Kasatreskrim Polres Cianjur, AKP Gito, mengatakan, penangkapan terhadap pengedar upal tersebut tidak terlepas adanya informasi masyarakat yang diterimanya. Setelah ditindak lanjuti dengan melakukan penyelidikan akhirnya mengarah kepada para tersangka.

"Tersangka yang di Ciranjang ini menipu dengan modus melipat gandakan uang rupiah dari total uang yang diberikan oleh korbannya. Sementara yang di Cibinong merupakan pengedar uang dolar palsu," ujar Gito baru-baru ini.

Dari tangan pelaku polisi berhasil menyita barang bukti berupa uang rupiah pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu dengan berjumlah Rp64 juta. Serta uang dollar palsu pecahan 100 Turut disita dolar palsu dengan nilai mencapai Rp16 juta.

"Untuk yang rupiah terdiri dari 560 lebar pecahan Rp100 ribu dan 197 lembar pecahan Rp50 ribu. Sementara yang dolar jumahnya 12 lembar," ungkapnya.

Meski telah berhasil menangkap para pelaku pengedar uang palsu, namun ia mengaku belum bisa memastikan apakah pelaku tergabung dalam sindikat pengedar upal ataukah bukan. Namun dari terungkapnya beberapa kasus tersebut, dirinya menduga masih ada banyak upal yang beredar di Kabupaten Cianjur.

"Kita belum bisa memastikan, meski mereka mengaku mendapatkannya dari wilayah Jawa Tengah. Namun diduga masih banyak beredar upal ini," ungkapnya.

Agar tidak semakin menyebar luas, Gito mengimbau, agar warga Cianjur lebih teliti saat menerima uang. "Setelah mendapatkan uang biasakan diraba, dilihat serta di terawang. Sehingga begitu tahu itu uang palsu, dapat langsung melapor ke pihak kepolisian," tuturnya [KC-02/is]**
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.