Iklan

iklan

Ratusan Pelajar Cianjur Ikuti Program Studi Islam BKPRMI

Wednesday, June 24, 2015 | 5:40:00 PM WIB Last Updated 2015-06-24T10:43:02Z
CIANJUR,[KC],- Dalam rangka memanfaatkan liburan sekolah pada bulan ramadhan 1436 H, Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Cianjur melalui Lembaga Pembinaan Pengembangan Dakwah dan Sumber Daya Manusia  menggelar Program Study Islam yang dikemas dalam Pesantren Kilat Ramadhan Masjid Agung Cianjur 1436 H, kegiatan ini digelar mulai tanggal 22 Juni hingga 1 Juli 2015  bertempat di Masjid Agung Cianjur.

Kegiatan Sanlat Ramadhan Masjid Agung 1436 H  ini dibuka langsung oleh Sekretaris Umum Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur,  H. Ahmad Yani, S.IP. Dalam sambutannya, Sekretaris Umum MUI Kab. Cianjur menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas diselenggarakannya pesantren kilat ramadhan ini, karena kegiatan Sanlat Ramadhan 1436 H  sangat bermanfaat bagi peserta didik terlebih bagi generasi muda sebagai ujung tombak pembangunan bangsa.

Ia berharap kegiatan Sanlat Ramadhan Masjid Agung ini  dapat meningkatkan pengetahuan para peserta tentang agama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Cianjur, Muhammad Soleh, S.Pd,M.Pd  dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini digagas sebagai bentuk realisasi program kegiatan tahunan DPD BKPRMI Kabupaten Cianjur.

" Program Studi Islam BKPRMI yang kita kemas dengan Sanlat ini merupakan salah satu kurikulum pengkaderan di BKPRMI, para peserta Sanlat Masjid Agung ini akan kita rekrut untuk menjadi panitia Sanlat tahun depan bahkan bisa jadi mereka direkomendasikan untuk menjadi pengurus BKPRMI dimana dia tinggal' Ungkap Soleh.

Soleh berharap  pihak terkait seperti DKM MA, DMI, MUI, dan Pemerintah  dapat menindaklanjuti generasi kader Remaja Mesjid yang juga peserta sanlat ini untuk diadakan pembinaan kelanjutan melalui kajian rutin yang berjenjang, sehingga generasi kita akan semakin banyak menjadi generasi masjid yan dapat memotivasi generasi lainnya untuk memakmurkan masjid.

Direktur Daerah LPPDSDM BKPRMI Kabupaten Cianjur, Ahmad Suhendar, S.PdI selaku pelaksana kegiatan  mengungkapkan bahwa kegiatan Pesantren Kilat sangat harus dilaksanakan, mengingat  pentingnya pembinaan secara intensif terhadap para remaja karena mengingat pergaulan anak remaja masa kini yang sudah cukup memprihatinkan, disamping itu sekaligus memberikan solusi terbaik dalam rangka mengisi kegiatan ramadhan dengan hal yang positif serta bermanfaat bagi keidupan pribadi anak dengan tujuan meningkatkan iman dan taqwa mereka kepada Allah SWT.

" Peserta Sanlat Ramadhan Masjid Agung Cianjur ini  berjumlah 500 orang dari utusan pelajar SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan remaja masjid se Kabupaten Cianjur dan besok dimungkinkan peserta akan bertambah dua kali lipat" tutur Ahmad.

Ahmad menambahkan bahwa kegiatan Sanlat ini disamping  menggunakan kurikulum khas BKPRMI juga menggali  materi dasar  diantaranya Sudah betul kah sholat anda? “praktik shalat fardhu, masbuk, jama’ qasar dan jama’ qasar, bahaya penyalahgunaan narkoba bagi remaja dan pencegahannya, belajar bercerita dan menyanyi, tata cara thaharah (istinja, whudu, tayamum dan mandi junub), tentang puasa (syarat, rukun, yang membatalkan dan manfaat puasa), bimbingan tajwid praktis, akhlak dan pergaulan menurut pandangan islam, serta praktik penyelenggaraan jenazah.

Sanlat Ramadhan tahun ini mengangkat tema "Inspirasi Akhlaq Menuju Kehidupan Yang Hakiki"  dengan tujuan untuk menjalin ukhuwah Islamiyah dan mempererat tali sailaturrahmi peserta didik  dan remaja masjid se-Kab. Cianjur, meningkatkan pengetahuan dan pengalaman serta meningkatkan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT menjalankan segala perintah dan menjauhi semua bentuk larangan-nya.

Rencananya kegiatan  akan ditutup  dengan berbagai kegiatan lomba  antara lain; lomba dakwah, tahfidz Quran dan Kaligrafi yang pemenangnya akan disampaikan berbarengan dengan acara penutupan Sanlat . [KC.01]***
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Pelajar Cianjur Ikuti Program Studi Islam BKPRMI

Trending Now

Iklan

iklan