Iklan

iklan

Sebanyak 30.129 Polisi di Jabar Amankan Jalur Mudik

Saturday, June 27, 2015 | 4:44:00 AM WIB Last Updated 2015-06-26T21:45:17Z

CIANJUR, Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) akan mengerahkan sedikitnya 30.129 personel kepolisian untuk sejumlah jalur mudik diwilayah Jawa Barat. Para personil kepolisian itu akan disebar dalam operasi ketupat lodaya 2015 di 26 Kabupaten/Kota.

Kapolda Jawa Barat Irjen Polisi Moechgiyarto mengatakan, para personel kepolisian tersebut akan diplotting berdasarkan kerawanan-kerawanan yang sudah di petakan. "Sudah barang tentu semuanya harus sebanding dengan jumlah anggaran yang ada pada kita. Kalau nanti anggarannya tidak cukup ya kita akan kurangin," kata Moechgiyarto disela kunjungan kerjanya ke Cianjur, Jum'at (26/6/2015).

Dikatakan Kapolda, dalam rangka pengamanan jalur mudik, pihaknya mengaku tidak harus membentuk tim khusus. Tim khusus dibentuk manakala melihat keamanan itu terjadi peningkatan yang signifikan. "Kalau itu belum terjadi, kita tidak akan membentuk tim khusus," kata Kapolda.

Ada tiga jalur prioritas pengamanan dalam rangka operasi ketupat lodaya 2015 ini. Disepanjang jalur tersebut akan dibangun Pos Pam dan Pos Pelayanan yaitu di jalur pantura, jalur tengah dan jalur selatan. "Ditambah jalur penyangga yakni jalur Bopunjur (Bogor Puncak Cianjur). Ini juga menjadi prioritas-prioritas yang memang kita siapkan untuk pelaksanaan operasi ketupat lodaya," katanya.

Disinggung menganai keamanan disepanjang jalur mudik, Kapolda menegaskan bahwa sampai saat ini masih tetap aman dan kondusif sehingga diharapkan pada saat pelaksanaan lebaran nanti benar-benar masyarakat berasa aman dalam perjalanan sehingga sampai tujuanyapun sampai dengan selamat.

"Kita semua sudah sepakat bahwa pelaksanaan mudik melalui Jabar ini bisa berjalan dengan baik. Termasuk menganai jalur tol Cipali, kita sepakat bahwa kita harapkan H-10 kekurangan di tol Cipali sudah selesai," tegasnya.

Sementara itu Polres Cianjur sendiri akan menerjunkan 2/3 kekuatan atau sekitar 1.142 personil untuk mengamankan jalur mudik yang ada di Cianjur. Jumlah tersebut terdiri dari kepolisian, TNI serta instansi lain yang terkait dengan pengamanan operasi ketupat lodaya 2015.

"Jumlah personil ini sesuai petunjuk Kapolda Jawa Barat dan akan disebar sesuai kebutuhannya. Kalau memang di titik tersebut dinilai sangat rawan dan sering terjadi kecelakaan atau kejahatan, maka kami akan tempat personil dan juga akan tinggal di situ," kata Kapolres Cianjur, AKBP Asep Guntur Rahayu.

Diungkapkan Asep, Polres Cianjur telah menetapkan 16 titik pos pengamanan dan pelayanan yang tersebar di berbagai jalur, termasuk jalur alternatif. Selain itu, ia pun sudah menginstruksikan kepada seluruh polsek untuk menyulap halaman kantornya menjadi tempat istirahat atau rest area bagi para pemudik.

"Semua saya perintahkan seperti itu, utamanya polsek-polsek di sepanjang jalur utama maupun alternatif. Upayakan berikan ruang untuk rest area bagi para pemudik," tegasnya [KC-02ggp]**


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sebanyak 30.129 Polisi di Jabar Amankan Jalur Mudik

Trending Now

Iklan

iklan