Iklan

iklan

Wabup Suranto Ingatkan PNS Agar Netral Dalam Pilkada Cianjur

Tuesday, June 9, 2015 | 9:29:00 PM WIB Last Updated 2015-06-09T14:31:52Z
CIANJUR,- [KC],- Jagat politik Cianjur mulai memanas dan rumor pun kerap beredar menjelang pilkada Cianjur 2016-2021. Seperti halnya sekarang beredar rumor atau sas-sus bahwa jika   Wakil Bupati, Suranto menjadi Bupati Cianjur ia akan membabat habis pejabat eselon dua dan tiga.

“Saya ditanya mengenai rumor itu setelah memimpin apel pagi pada  Senin, kemarin,” kata Suranto, di rumah pribadinya, Jl. Ir. H. Juanda, Ia  tidak menjelaskan siapa yang mengonfirmasi rumor itu dan apa pula jawaban yang dilontarkan kepada penanya saat itu.

Sebenarnya, menurut Suranto, urusan jabatan  birokrasi tidak bisa dikait-kaitkan dengan politik praktis. Urusan birokrasi atau jabatan  memiliki aturan sendiri. Siapa menduduki jabatan apa telah ada aturannya , termasuk mekanisme pengangkatannya yang sama sekali bersih dari urusan politik praktis. Jabatan politik itu hanya bupati dan wakil bupati.

“Jadi rumor itu sama sekali tidak benar. Mengapa mesti main babat, kan ada aturannya. Tetapi kalau saya memiliki keinginan menciptakan birokrat yang profesional, good governance atau pemerintahan yang baik, memang iya, itu menjadi fokus saya jika ditakdirkan menjadi bupati” sebut Suranto yang kini bakal calon bupati (bacawabup).        

Oleh karena itulah pada apel pagi itu pun Suranto mewanti-wanti agar PNS netral. Abdi negara ini tidak boleh menjadi tim sukses salah satu calon bupati (cabup) pada pilkada. Sebab birokrat menjadi tim sukses pada pilkada yang akan digelar 9 Desember mendatang melanggar Peraturan Pemerintah (PP) No. 53/2010 serta perundang-undangan lainnya.

Berdasarkan PP No 53/2010 ini PNS yang terbukti tidak netral atau jadi tim kampanye salah satu calon, diancam sanksi mulai dari penurunan pengkat, mutasi, bebas jabatan, hingga pemberhentian tidak hormat. Bahkan ada regulasi yang mengancam sanksi kurungan penjara jika didapatkan PNS menjadi tim sukses. “Ini peringatan serius,”  tegasnya.[KC.10]**

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wabup Suranto Ingatkan PNS Agar Netral Dalam Pilkada Cianjur

Trending Now

Iklan

iklan