CIANJUR, [KC].- Tingginya harga gas LPG 3 kg diwilayah Desa Batulawang Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur yang menembus harga Rp 27 ribu per tabung mendapat sorotan dari Komisi II DPRD Kabupaten Cianjur. Pihak dewan mempertanyakan kinerja Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Hiswana Migas yang seperti tidak bisa berbut banyak untuk pengendalian harga sesuai dengan PP nomor 71 tahun 2015.

"Upaya untuk mengendalikan harga yang seharusnya dilakukan Disperindag dan Hiswana Migas sebagaimana hasil rapat gabungan di ruang Sekretaris Daerah beberapa waktu lalu ternyata tidak berjalan maksimal. Berarti ini suatu bukti bahwa kinerja kedua lembaga itu tidak maksimal," kata Sekertaris Komisi II DPRD kabupaten Cianjur, Ade Sobari.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Cianjur, Judi Adi Nugroho tidk membantah adanya temuan harga gas LPG 3 kg di daerah Batulawang Kecamatan Cipanas yang melambung. Pihaknya berkilah tingginya harga gas tersebut akibat tidak adanya pangkalan di wilayah tersebut. Sehingga para pengecer membeli dari pengecer lainnya dengan harga yang mahal dan dijual dengan harha mahal.

Melihat kondisi tersebut pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Hiswana Migas agar permasalahan kenaikan harga tersebut dapat segera diselesaikan. "Apakah akan dibuat pangkalan baru atau disuply dari pangkalan tertentu nanti kami akan koordinasikan. Namun kami harap harga tidak terus naik hinggga lebaran nanti. Kalau pasokannya banyak, harga kita harapkan bisa menurun," papar Judi.

Wakil Ketua Hiswana Migas Kabupaten Cianjur, H Dudu D, mengatakan, selama ini wilayah Batulawang Kecamatan Cipanas untuk kebutuhan gas LPG disuplay dari pangkalan yang ada disekitarnya. Hanya saja belum memiliki agen dan pankalan tetap. Sehingga ketika terjadi kesulitan LPG, para pengecer yang ada membeli ke pengecer lainnya.

"Harusnya batas wajar pembelian gas LPG 3 kg itu Rp 20 ribu. Hanya saja karena barangnya dibeli dari pengecer dengan harga yang sudah tinggi, dijual kembali juga dengan harga yang cukup tinggi, karena tidak mau merugi," paparnya.

Untuk mengatasinya, ia akan segera mendistribusikan tambahan kuota ke wilayah Batulawang Kecamatan Cipanas. Penujukan salah satu pangkalan akan dilakukan untuk menyuplay LBG secara berkelanjutan.

"Kita dapat 600 persen tambahan kuota, kita akan distribusikan. Mudah-mudahan harga bisa stabil dan tidak terus melambung," katanya [KC-/is]**





Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.