CIANJUR,  [KC].- Kepadatan arus balik lalu lintas yang melintas jalur mudik di Kabupaten Cianjur terjadi pada  pada H+3 dan H+4 lebaran Idul Fitri 1436 H, Minggu-Senin (20-21/7/2015). Kemacetan menyergap disejumlah jalur yang dilewati pemudik. Pihak kepolisian berupaya mengurai kepadatan dengan melakukan pengalihan arus.

Berdasarkan pantauan, sejumlah kendaraan roda dua dan kendaraan pribadi sejak pagi hari mulai melintasi di jalur utama mudik mulai dari Haurwangi-Ciranjang-Sukaluyu, Karangtengah-Cianjur hingga mengarah ke arah Cipanas Puncak. Kepadatan terjadi disepanjang jalur Cipanas Puncak menuju Bogor.

Untuk mengurangi kepadatan dijalur Cipanas Puncak, pihak Polres Cianjur memberlakukan pengalihan arus lalu lintas di perempatan Pos Polisi (Pospol) Cepu 8 Jalan KH. Abdullah bin Nuh. Kendaraan yang akan melintas ke arah Bogor maupun Jakarta diarahkan melewati jalan Sukabumi maupun melewati Cikalingkulon Jonggol.

Demikian juga kendaraan dari arah Bandung yang tiba di perempatan tunturunan Sukaluyu diarahkan juga melewati jalur Jonggol maupun ke Sukabumi jika ingin ke Jakarta dan sekitarnya.

"Kita ingin tidak terjadi penumpukan kendaraan dikawasan wisata Cipanas Puncak. Karena jalur dari Bogor dilakukan penutupan, makanya kita urai kendaraan yang mengarah ke Jakarta untuk melewati jalur Sukabumi ataupun Jonggol," kata Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahayu, Selasa (20/7/2015).

Langkah tersebut dirasakan cukup efektif, karena banyak masyarakat pemudik yang melintas ke jalur Cianjur lantaran jalur utama baik melalui tol Cipali maupun panturan dan Cipularang mengalami kepadatan. Jika tidak dilakukan pengalihan arus dikawatirkan jalur Cianjur akan mengalami kepadatan dan menyebabkan kemacetan panjang.

"Banyak masyarakat yang memanfaatkan libur lebaran untuk bersilaturahmi dan mendatangi tempat wisata. Sejumlah pemudik yang melintas jalur Cipanas Puncak juga sengaja mendatangi sejumlah destinasi wisata yang ada. Ini yang menyebabkan terjadinya kemacetan," tegasnya.

Pihaknya menghimbau kepada para pemudik yang tengah balik untuk memanfaatkan tempat-tempat rest area yang ada jika terjebak kemacetan. Jika terasa lelah, para pemudik bisa beristirahat ditempat yang ada disepanjang pinggir jalan.

"Sebaiknya jika mengendarai dan lelah beristirahan dengan memanfaatkan tempat parkir didepan masjid, pertokoan. Karena kondisi arus lalu lintas benar-benar padat dan membutuhkan stamina yang prima agar perjalanan pulang selepas mudik bisa sampai tujuan dengan selamat," himbaunya [KC-02]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.