CIANJUR, [KC],- Ada pepatah yang disampaikan Wakil Bupati Cianjur Suranto kepada ratusan santri pesantren Al-Asyari, Kec. Warungkondang. Pepatahnya  bahwa muslim  hendaknya memiliki tiga komponen dalam mengarungi samudra kehidupan, yaitu ilmu, agama dan seni. Dengan ilmu hidup  menjadi mudah, dengan agama hidup terarah, dan dengan seni hidup  menjadi indah.  

Jika saja salah dari tiga komponen ini hilang, tutur Suranto, maka akan terjadi instabilitas pada diri muslim. “Jadi kalau kita ingin ajeg ketiga komponen ini harus menyatu dan melembaga pada diri setiap orang,” sebut Suranto yang kini menjadi bakal calon bupati  pada pilkada Cianjur 2016-2021.

Contoh ril saja, tutur Suranto, santri yang hanya menggeluti ilmu keagamaan  akan sulit memasuki pasar kerja setelah meninggalkan pesantren jika ia tidak menguasai ilmu pengetahuan. Sebab, apakah kerja pada institusi pemerintah atau non pemerintah, termasuk membuka usaha sendiri memerlukan pengetahuan umum.

Bahkan untuk bekerja pada lembaga resmi pemerintah atau non pemerintah ini pengetahuan umum yang dimiliki seseorang harus dilegalkan melalui ijasah. Ini artinya, saran Suranto,  santri yang mondok di pesantren pun harus bersekolah di lembaga pendidikian resmi agar memiliki ijasah untuk bekal hidup setelah meninggalkan pesantren. Sebab fakta membuktikan di negara kita ini urusan legalitas  berupa ijasah  masih mengedepan dalam pengrekrutan tenaga kerja.

Tentu saja,  lanjut Suranto,  untuk menggeluti ilmu keagamaan, sekaligus pengetahuan umum ini bukan pekerjaan mudah. Diperlukan mental baja untuk menimba kedua ilmu ini. Apalagi  bagi santri yang berusia remaja akan dirongrong ragam tantangan. “Pergaulan bebas, narkoba, dan perilaku merugikan lainnya akan selalu merongrong santri saat menimba ilmu,” tegasnya.

Pada  acara  tarawih keliling serta silutarahmi  keluarga besar pesantren Al-Asyari ini, Suranto pun  menyumbang ratusan paket  beras. Kendati nilainya tidak seberapa, mantan direktur RSUD Cianjur ini  berharap beras yang disumbangkannya bermanfaat.[KC.10]***
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.