Iklan

iklan

H. Herman Suherman; Kontes Ayam Pelung Harumkan Cianjur

Monday, August 3, 2015 | 8:30:00 PM WIB Last Updated 2015-08-03T15:09:12Z
CIANJUR. [KC].- Lama tak terdengar kabarnya, kontes ayam pelung tingkat nasional  di laksanakan di Cianjur. Kali ini kontes diprakarsai Suara Alam yang dilaksanakan di Desa Cijedil Kecamatan Cugenang Cianjur Minggu (8/2/2015). Pada kesempatan tersebut, dihadiri Calon Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman sekaligus memberikan doorprize kepada pemenang lomba.

Herman Suherman memaparkan, ayam Pelung merupakan salah satu ayam asli Indonesia, yang terkenal di dunia karena kemerduan suara dan bobot fisiknya yang besar. “Ayam pelung merupakan ayam lokal unggulan dari daerah Cianjur,” kata Kang Herman.

Herman menerangkan, kontes ayam pelung menjadi salah satu upaya untuk menaikkan pamornya, serta meningkatkan kualitas dan harga. “Nilai jual ayam pelung sampai saat ini bisa melambung hingga Rp 50 juta atau lebih,” tegasnya.

Herman menerangkan, kontes ayam pelung biasanya menitikberatkan pada tiga hal, yaitu suara merdu dan mendayu, ukuran/berat badan yang ideal-proporsional, dan performa penampilan. “Semoga kontes ayam pelung ini bisa mengharumkan nama Cianjur di tingkat nasional,” pungkasnya.

Panitia Kontes Ayam Pelung, Farid mengungkapkan, dalam kontes tersebut juara pertama diraih oleh ayam pelung bernama Agem dari Kabupaten Garut. Sementara tuan rumah Ciajur harus puas diposisi ke tiga dan empat.

"Ada beberapa kategori yang dinilai diantaranya suara, bobot badan, penampilan, angkatan, tengah, ujung, irama, keserasian untuk kategori suara," jelas Farid (KC-02/dak]**
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • H. Herman Suherman; Kontes Ayam Pelung Harumkan Cianjur

Trending Now

Iklan

iklan