CIANJUR, [KC].- Calon Wakil Bupati Cianjur periode 2016-2021 dari koalisi rakyat, Herman Suherman mengharapkan kepada masyarakat di sekitar Gunung Padang, Desa  Karyamukti Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur, harus mulai mengembangkan "homestay" rumah sewa murah. Ini menyambut semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kawasan itu.

"Saat ini banyak wisatawan baik domestik maupun asing  berkunjung ke Gunung Padang ," kata Herman saat tatap muka dengan masyarakat Gunung Padang dalam rangka kampanye hari pertama pasangan Beriman (bersama Irvan Rivano Muchtar dan Herman Suherman), Sabtu (8/29/2015).

Kang Herman menerangkan, sejak keberadaan situs mulai dikenal banyak orang, Gunung Padang semakin banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan sebagian di antaranya berasal dari luar negeri atau mencapai rata-rata 500 orang per hari.

Selama ini, kata Herman,  banyak dari mereka memilih tinggal di Kota Cianjur sebelum menuju destinasi Gunung Padang dengan menempuh jarak 25-30 km dari pusat kota Cianjur.
Konsekuensinya, wisatawan harus mempersiapkan perjalanan selama 1,5 hingga dua jam untuk sampai Gunung Padang. “Nah kalau sudah ada homestay, pasti para pengunjung situs akan lebih betah lagi,” paparnya.

Tak hanya homestay saja, papar Herman, homestay harus dilengkapi dengan toilet umum yang bersih, warung kopi, dan kios suvenir. Untuk souvenir,  disarankan sebagai souvenir  iket sunda untuk dijual, gula aren, kerajinan batok kelapa, dan kesenian-kesenian. Selain itu, harus disediakan  tukang ojek sekaligus pemandu wisata. “Kalau ini dilaksanakan, pasti masyarakat Gunung Padang akan meningkat dari segi ekonomi,” paparnya.

Herman mengakui, kalau ditakdirkan menjadi wakil bupati cianjur mendampingi Irvan Rivano Muchtar sebagai bupati Cianjur. Pihaknya siap untuk membantu masyarakat Gunung Padang dengan cara mengembangkan pariwisata di sana. “Dalam pengembangan pariawisata, kita akan melibatkan warga sekitar” imbuhnya.

Semantara itu, Indra Gunawan (29), tokoh Gunung Padang menyambut gagasan dari Kang Herman. Indra mengaku, masyarakat sudah ada yang membuat  homestay di rumah sendiri-sendiri. “Memang keberadaan homestay sangat membantu  para pengunjung Gunung Padang. Sedangkan dengan adanya rumah sewa masyarakat sangat terbantu dari segi ekonomi,” paparnya.

Indra menyambut gagasan Kang Herman untuk mengembangkan pariwisata di Gunung Padang. “Kami sangat antusias dengan pengembangan pariwisata di Gunung Padang. Mudah-mudahan bisa terealisasi oleh Kang Herman,” imbuhnya [KC-02/dak]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.