CIANJUR, [KC].- Sudah saatnya Kabupaten Cianjur menerapkan pola pendidikan gratis dari mulai jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga setingkat SMA. Itu dimungkinkan jika semua pihak bisa duduk bersama dan bertekad untuk merealisasikan program pendidikan gratis.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi IV DPRD Cianjur, H. Sapturo melalui anggotanya Tika Latifah. Dikatakan Tika Cianjur bisa merealisasikan itu seperti halnya yang tengah dilakukan oleh Kota Tasikmalaya.

"Bisa saja, asalkan mau duduk bersama membahas hal tersebut.  Berunding membuat kesepakatan yang tepat untuk merealisasikan program pendidikan gratis dari SD, SMP, hingga SMA," ujar Tika.

Dikatakan Tika, untuk menjalankan program tersebut butuh anggaran yang sangat besar. Apalagi jumlah warga Cianjur tergolong banyak, sehingga akan memakan banyak APBD Cianjur.

"Bukan berarti tidak ada solusi, bisa juga dilakukan percontohan dahulu. Misalnya di beberapa sekolah yang dirasa perlu digratiskan agar siswa yang ada di sana tidak terbebani dengan biaya yang besar. Namun dengan catatan, tidak boleh lagi ada pungutan," katanya.

Dirinya menambahkan, dengan digratiskannya sekolah negeri, tidak akan mematikan sekolah swasta. Sebab dapat dibuat aturan untuk membatasi penerimaan siswa di sekolah yang digratiskan tersebut.

"Yang masuk pun tidak sembarangan, harus mereka yang berprestasi. Serta dibuatkan juga jalur khusus bagi mereka yang memiliki keterbatasan biaya, minimal 20 persen dari jumlah siswa yang ada," jelasnya.

Hal itu dirasa Tika dapat menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan pendidikan di Cianjur. "Dengan begitu Cianjur dapat masuk dalam 10 besar kota yang memiliki status pendidikan terbaik, tidak seperti sekarang yang sebagaimana kita ketahui bersama," tegasnya [KC-02/is]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.