PENDIDIKAN sudah menjadi kebutuhan primer  bagi pembangunan suatu bangsa, sudah dapat dipastikan maju mundurnya suatu bangsa erat kaitannya dengan sistem dan kualitas pendidikan bangsa itu sendiri. Tujuan pendidikan adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya.

Dalam Undang-undang dasar 1945 pasal 31 tentang pendidikan yang dijabarkan melalui Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3 yang berbunyi: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta pradaban suatu bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu,cakap,kreatif,mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Bunyi Undang-undang diatas menggambarkan, begitu urgen pran dan pungsi pendidikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. sadar akan pentingnya pendidikan, pasaangan calon Bupati Kabupaten  Cianjur Irvan Rivano Muchtar dan H. Herman Suherman dalam misinya yang berkaitan dengan pendidikan, pasangan calon Bupati Cianjur ini berjanji akan fokus membenahi  dan meningkatkan rata-rata lama sekolah (means of years schooling) dari 7.03 tahun, pada tahun 2016 menjadi 7.28 tahun, pada tahun 2021 dan akan meningkatkan indek pendidikan dari 81.06 pada tahun 2016 menjadi 82.91 pada tahun 2021.

Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas yang dihasilkan, dalam sistem pendidikan di Kabupaten Cianjur, tentunya diperlukan penujang berupa infrastruktur dan superstruktur pendidikan yang baik. Peningkatan sarana dan prasarana menjadi perhatian utama Pasangan Calon Bupati Irvan Rivano Muchtar dan H.Herman Suherman, yang akan di wujudkan melalui pengadaan Ruang Kelas Baru (RKB) sebanyak 200 kelas per tahun, beserta sarana penunjang belajar mengajar, serta akan memperhatikan kesejahtraan tenaga pengajar dan melakukan perbaikan ruang kelas lama, hal tersebut dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada guru dan peserta didik.

Selain akan meningkatkan sarana dan prasarana, pasangan calon Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar dan H. Herman Suherman juga akan memperbanyak tenaga pendidik yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas, untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar dikabupaten Cianjur, tidak bisa dipungkiri, untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, dalam rangka mencapai tujuan Cianjur yang lebih maju dan agamis, tentunya dibutuhkan tenaga pendidik yang berkualitas, seperti yang tercantum dalam Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 pasal 42 aya (1) yang menyebutkan bahwa “Pendidik harus memiliki kualifikasi minimum dan sertifikasi sesuai dengan jenjang kewenangan mengajar,sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Dalam upaya mendapatkan pendidik yang unggul dan berkualitas, kedepannya pemerintah daerah melalui dinas terkait akan mengadakan pelatihan tenaga pendidik secara rutin.

Manajemen, tentunya suatu hal yang tidak boleh dilupakan dalam mengelola pendidikan. Oleh seba itu Calon Bupati dan Wakil Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar dan H. Herman Suherman ingin memperbaiki dan meningkatkan manajemen pendidikan dari hulu sampai hilir sesuai dengan PP Nomor 17 Tahun 2010 Pasal 28 “Bupati/walikota bertanggung jawab mengelola sistem pendidikan nasional didaerahnya dan merumuskan serta menetapkan kebijakan daerah bidang pendidikan sesuai kewenangannya”.

Dalam mengelola pendidikan tidak cukup hanya dengan sarana dan prasarana yang baik, tapi harus ditunjang dengan  manajemen pendidikan yang baik pula, apalagi dalam sistem pengelolaan pendidikan modern pada saat ini. Fungsi manajemen adalah untuk melakukan perencanaan (plaining) pendidikan, program dan tata kelola serta pengorganisiran (Organizing) perangkat pendidikan. Sebab pendidikan akan berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pendidikan, apabila semua perangkat pendidikan berjalan dengan baik.

Pemerintahan yang bijak tentunya harus memberi ruang kepada para pemuda sebagai generasi penerus bangsa untuk mengembangkan potensinya. Pasangan Calon Bupati Irvan Rivano Muchtar dan H. Herman Suherman, akan memberikan pembinaan yang serius, terhadap pemuda dan peserta didik, yang mempunyai potensi dan prestasi dibidangnya, sesuai dengan PP Nomor 17 Tahun 2010 Pasal 36 yang berbunyi “Pemerintah kabupaten/kota melakukan pembinaan berkelanjutan kepada peserta didik di daerahnya yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mencapai prestasi puncak dibidang ilmu pengetahuan,teknologi,seni, dan/atau olahraga pada tingkat suatu pendidikan,kecamatan,kabupaten/kota provinsi, nasional,dan internasional”.

Diantara bukti keseriusan pasangan Irvan Rivano Muchtar dan H.Herman Suherman dalam membenahi dan meningkatkan sumber daya manusia di kabupaten Cianjur, pasangan calon Bupati Ini akan memberikan 100 beasiswa per tahun untuk program Sarjan (S1) dan 50 beasiswa per tahun untuk program Magister (S2) serta 10 beasiswa per tahun untuk program Doktor, semoga dengan adanya program beasiswa nanti akan membantu pemerintah dalam peningkatan sumber daya manusia di kabupaten Cianjur.

Selain program beasiswa disusun juga tujuh program unggulan untuk meningkatkan sarana  prasarana Infrastruktur dan Superstruktur  pendidikan di kabupaten cianjur, tujuh program tersebut adalah; (1) peningkatan pemenuhan kebutuhan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan.(2) peningkatan manajemen pendidikan melalui standarisasi dan penjaminan mutu.(3) pemerataan distribusi tenaga pendidik dan kependidikan.(4) peningkatan mutu tenaga pendidik dan kependidikan serta akselerasi peningkatan kualifikasi guru.(5) penyediaan bantuan pendidikan, khusus bagi anak dari keluarga tidak mampu yang melanjutkan ke perguruan tinggi lokal yang berada di Kabupaten Cianjur.(7) peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan pendidikan.(8) pembinaan kepemudaan, olahraga dan kebudayaan. Ketujuh program tersebut tentunya disusun sesuai dengan kebutuhan sektor pendidikan di Kabupaten Cianjur.

Pengelolaan pendidikan tentu membutuhkan peran semua pihak, termasuk masyarakat. Peran serta masyarakat dalam mengelola dan mengembangkan pendidikan formal maupun non formal akan sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya Manusia, sebab tanpa adanya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan pendidikan, program percepatan pembangunan sumber daya manusia akan tersendat. Oleh sebab itu pasangan calon Bupati Irvan Rivano Muchtar dan H.Herman Suherman akan mengakomodir seluas-luasnya partisipasi masyarakat dibidang pengelolaan pendidikan [Penulis adalah Ketua DPC PKB Kab Cianjur]**




Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.