CIANJUR, [KC].- Untuk mengetahui sejauh mana fungsi pengawas berjalan sesuai dengan tahapan, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur Tahun 2015 melakukan supervisi pengawasan ke 32 kecamatan. Supervisi ke Panwas kecamatan terkait dengan pemutakhiran daftar pemilih dan ferivikasi faktual dukungan calon perorangan.

Komisioner Panwaslu Kabupaten Cianjur Fajar Rahmatulloh mengungkapkan, supervisi dilaksanakan untuk melihat sejauh mana proses pengawasan yang dilakukan jajaran panwas ditingkat kecamatan. "Ini juga sebagai salah satu bentuk pembinaan yang kita lakukan kepada jajaran panwas kecamatan," kata Fajar, Senin (17/8/2015).

Dalam pelaksanaan supervisi tersebut seluruh komisioner panwas kabupaten turun ke lapangan. Merela terbagi dalam tiga zona yakni zona utara tengah dan selatan. "Kami semua terjun ke bawah didampingi pegawai sekretariat. Kami lakukan komunikasi dengan para panwas di kecamatan terkait dengan pengawasan," katanya.

Supervisi kali ini dilakukan difokuskan pada pengawasan pemutahiran daftar pemilih dan ferivikasi administrasi dan faktual calon perorangan. "Kita lebih menekankan bahwa panwas itu harus banyak dilapangan, tidak banyak diam di kantor. Karena dengan dilapangan dengan melakukan pengawasan saat balik ke kantor akan mendapatkan hasil," tegasnya.

Dalam melaksanakan fungsi pengawasan, panwas saat ini juga lebih ditekankan kepada upaya preventif. Artinya lebih baik melakukan pencegahan daripada membiarkan suatu persoalan itu terjadi. "Keberhasilan panwas itu bukan terletak pada banyak atau sedikitnya persoalan yang ditangani, tapi seberapa banyak panwas itu bisa melakukan pencegahan untuk tidak melakukan pelanggaran," papar Fajar.

Kendati mengedepankan pencegahan, bukan berarti tidak akan menindak lanjuti jika terjadi pelanggaran. "Panwas tetap akan bertindak jika dihadapanya terdapat sebuah pelanggaran. Aturan tetap akan dikedepankan dalam memutus sebuah pelanggaran," jelasnya.

Selaku panwas, pihaknya berharap masyarakat bisa lebih banyak berpartisipasi dalam melakukan pengawasan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Cianjur tahun 2015. "Bagi panwas semakin banyak pengawas dalam gelaran Pilkada ini semakin terbantu tugas pengawasannya. Kita harapkan masyarakat bisa lebih berpartisipasi," tandasnya [KC-02]**



Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.