Iklan

iklan

Pemuda Harus Punya Karakter

Friday, August 7, 2015 | 2:45:00 AM WIB Last Updated 2015-08-06T22:55:50Z
CIANJUR, [KC].- Pemuda Cianjur  harus punya karakter positif, yang selalu kompak, bersatu, kreatif, religius, dan berprestasi.  Hal ini diungkapkan Calon Bupati Cianjur periode 2016-2021, H Irvan Rivano Muchtar yang diusung koalisi tiga partai politik Golkar, PKB dan PBB ketika silaturahmi dengan masyarakat Bojongpicung Kabupaten Cianjur, Kamis (6/8/2015).  

Menurut Kang Irvan panggilan akrabnya, pemuda harus memiliki karakter, karena  pemuda yang notabene calon generasi penerus harus punya karakater yang kuat. "Tanpa karakter yang kuat yang dimiliki para pemuda, maka akan memiliki resiko yang besar di masa yang akan datang," paparnya.
 
Ketua Karangtaruna Kabupaten Cianjur ini meminta  agar pemuda dengan berbagai karakteristiknya memiliki peranan dan fungsi yang sangat strategis dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Setidaknya, kata Irvan, ada tiga peran dan fungsi pemuda, sebagai agen perubahan, kontrol sosial dan kekuatan moral masyarakat. 

"Sebagai agen perubahan, pemuda dituntut bukan hanya menjadi bagian dari perubahan saja, melainkan pencetus perubahan itu sendiri, yang punya tanggung jawab besar dalam membuat perubahan-perubahan mendasar dalam masyarakat," tegasnya. 

Sedangkan peran pemuda sebagai kontrol sosial, terjadi ketika ada yang tidak beres atau ganjil dalam masyarakat. Maka harus diselesaikan dengan baik. Sementara sebagai kekuatan masyarakat.  Secara moralitas pemuda harus mampu bersikap dan bertindak lebih baik dari yang lainnya, karena mereka mempunyai latar belakang sebagai kaum intelektual, dimana mereka mengatakan yang benar itu adalah benar dengan penuh kejujuran, keberanian, dan rendah hati.

"Pemuda juga dituntut  peka terhadap lingkungan sekitarnya demi membangun cianjur lebih maju dan agamis," tegasnya [KC-02/dak]**
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemuda Harus Punya Karakter

Trending Now

Iklan

iklan