CIANJUR, [KC].-  Sebanyak 25 pelaku koperasi mengikuti bimbingan tekhnis tentang penguatan kelembagaan usaha koperasi melalui BMG (Bisnis Managemen Grown) yang dilaksanakan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) di Jalan Gadog 2 Nomor 18 Desa Gadog Kecamatan pacet Kabupaten Cianjur, Jum'at (21/8/2015). Dalam Bimtek tersebut para pelaku koperasi juga dibekali dengan pengetahuan manajeman koperasi serta perencanaan usaha dari pelaku koperasi sendiri yang dianggap telah berhasil.

Penanggungjawab kegiatan Bimtek Penguatan Kelembagaan Usaha Koperasi melalui BMG, Achmad Paris Ridwan mengatakan, bimtek tentang koperasi seperti ini sudah acap kali dilaksanakan di PLUT-KUMKM. Hal itu merupakan salah satu bagian dari layanan PLUT semenjak ada di Cianjur. PLUT-KUMKM akan terus berupaya memberikan manfaat kepada para pelaku koperasi dan UMKM yang ada di Cianjur.

"Kita ingin membangkitkan kembali semangat berkoperasi di daerah. Makanya kita terus melakukan bimtek seperti ini untuk memberikan pemahaman mengenai pengelolaan koperasi, memberikan pemahaman perencanaan bisnis melalui metode BMG dan memberikan tata cara pengelolaam usaha koperasi dan peranannya dalam masyarakat," kata Salman Paris saat dihubungi, Jum'at (21/8/2015).

Dikatakan Achmad Paris, dalam pelatihan bimtek tersebut peserta mendapatkan sejumlah materi diantaranya mengenai manajemen koperasi dan bagaimana cara merencanakan koperasi. "Harapan kita setelah mengikuti bimtek para peserta bisa memahami manajemen koperasi dan pengelolaan koperasi. Selain itu kita harapkan juga bisa mengetahui bagaimana cara membuat perencanaan usaha koperasi serta mampu menyampaikan pendapat dan saling berbagi solusi dengan sesama pelaku koperasi," paparnya.

Manajer PLUT-KUMKM Kabupaten Cianjur Dedy Sudjana mengatakan, PLUT-KUMKM Cianjur saat ini memiliki tujuh layanan diantaranya mengenai konsultasi bisnis KUMKM, pendamping atau mentor bisnis, promosi, pemasaran dan trasaksi, pelatihan bisnis dan teknis, media bisis, matchmaker business, penguatan kelembagaan dan jaringan, advokasi dan layanan identifikasi potensi komuditas unggulan.

"Kita siapkan lima konsultan sesuai dengan keahliannya masing-masing untuk menunjang keberlangsungan PLUT-KUMKM. Mereka siap mendampingi para pelaku koperasi dan UMKM, termasuk siap melayani jika ada yang berkonsultasi dan perkembangan usaha," kata Dedy saat dihubungi terpisah.

Hingga saat ini kata Deddy, PLUT-KUMKM masih terus melakukan kegiatan bimntek-bimtek yang bertuujuan untuk membantu para pelaku usaha. "Kami harapkan jiika masyarakat ingin berkonsultasi tentang usaha ataupun lainnya terkait denga layanan PLUT-KUMKM bisa datang langsung pada jam-jam kerja. Kami sudah siapkan konsultan untuk membantu masyarakat yang datang," paparnya [KC-02]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.