CIANJUR, [KC].- Ratusan masyarakt berpenghasilan rendah (MBR) dari dua desa yakni Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang dan Desa Ciwalen Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur kemarin mendatangi balai desa masing-masing. Kedatangan mereka bukan untuk melakukan aksi demo atau unjuk rasa melainkan memenuhi undangan dari Kepala Desa masing-masing.

Masyarakat yang masuk dalam kategori MBR itu sengaja didatangkan untuk mendapatkan penjelasan sosialisasi program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Berbasis Komunitas (BSPS-BK) dari Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kabupaten Cianjur.

Masyakat yang sengaja didatangkan merupakan calon penerima bantuan pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH). Sosialisasi dilakukan agar dalam pelaksanaanya nanti sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

"Kita jelaskan kepada masyarakat apa dan bagaimana seharusnya dalam melaksanakan bantuan BSPS-BK ini. Masyarakat harus benar-benar faham dan mengerti bahwa bantuan untuk pembangunan RTLH ini berbeda dengan bantuan kebanyakan. Sehingga dalam pelaksanaanya juga harus benar-benar dipertanggungjawabkan oleh masyarakat," kata Sugilar nara sumber sosialisasi dari Distarkim Kabupaten Cianjur.

Sugilar menegaskan, BSPS-BK merupakan bantuan perangsang bagi masyarakat yang harus dilaksanakan dengan bantuan swadaya dari para penerima bantuan. "Intinya dalam melaksanakan pembangunan masyarakat harus menyiapkan swadayanya, karena bantuan diwujudkan dalam bentuk barang, bagiman untuk mewujudkan bangunan rumah masyarakat yang harus berwadaya. Pokoknya harus terwujud Aladin (atap lantai dan dinding)," katanya.

Koordinator Kabupaten Suherman, menegaskan hal yang sama. Pihaknya mendorong agar masyarakat lebih bisa menerapkan gotong royong anta sesama. Dengan gotong royong pelaksanaan pembangunan RTLH bisa lebih ringan.

"Para penerima bantuan RTLH ini kan dibentuk dalam kelompok-kelompok. Kelompok inilah harus padu dalam membangun swadaya dan gotong royongnya. Bangunan rumah yang tadinya tidak layak huni bisa berubah menjadi layak huni," paparnya [KC-02]**




Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.