Iklan

iklan

TP2GD Kembali Usulkan RKH Abdullah Bin Nuh Sebagai Pahlawan Nasional

Thursday, August 27, 2015 | 4:30:00 AM WIB Last Updated 2015-08-26T21:30:50Z
CIANJUR, [KC].-  Tim Penilai dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD), Provinsi Jawa Barat kembali mengusulkan RKH Abdullah Bin Nuh sebagai pahlawan nasional. Ususlan kembali tersebut didasarkan adanya temuan bukti baru tentang kepahlawanan RKH Abdullah Bin Nuh.

"Tim TP2GD akan kembali mengusulkan RKH Abdullah Bin Nuh sebagai pahlawan nasional kepada pemerintah dalam hal ini melalui Kementrian Sosial RI," kata Ketua TP2GD Jawa Barat, Hj Nina H Lubis, ketika ditemui disela seminar nasional pengusulan  RKH Abdullah Bin Nuh sebagai pahlawan nasional di Gedung Bale Praja Pemkab Cianjur, Rabu (26/8/2015).

Menurut Prof Nina, RKH Abdullah Bin Nuh semasa hidupnya dikenal sebagai seorang kyai,  penyair, sastrawan, tokoh pendidikan, pelopor siaran berbahasa arab di RRI Yogyakarta, pejuang kemerdekaan dan lainnya. "Kalau dilihat dari data dan fakta yang ada Jasa-jasanya memang sangat luar biasa," tegasnya.

Nina mengakui, sebenarnya RKH Abdullah Bin Nuh pernah diusulkan menjadi pahlawan nasional sebanyak dua kali, tedengan tetapi belum bisa dikabulkan pemerintah pusat, akibat bukti kepahlawanan dirasa belum kuat. Namun, kini diusulkan kembali karena ada bukti baru yang cukup kuat tentang kepahlawanannya terhadap NKRI.

Salah satu bukti kuat tersebut bahwa RKH Abdullah Bin Nuh menyiarkan kemerdekaan  Indonesia  melalui  siaran  berbahasa arab di RRI Yogyakarta, dan langsung di dengarkan negara Mesir. "Karena telah didengar Mesir, sehingga raja mesir mendorong liga arab untuk pengakuan kemerdekaan RI," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pasundan Cianjur, Abah Ruskawan memaparkan, pengusulan kembali  RKH Abdullah Bin Nuh berkat kerjasama TP2GD, Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Cianjur dan Paguyuban Pasundan . "Kami usulkan kembali karena ada bukti baru yang kuat tentang RKH Abdullah Bin Nuh. Mudah-mudahan semuanya berjalan sesuai yang kita harapkan," tegas Abah.

Setelah selesai seminar ini, kata Abah, tim TP2GD akan mengusulkan kembali kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kemensos RI . "Kita optimis dengan bukti-bukti yang kuat RKH Abdullah Bin Nuh akan dinobatkan menjadi pahlawan nasional oleh pemerintah," papar Abah optimis  [KC-02/gp]**
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TP2GD Kembali Usulkan RKH Abdullah Bin Nuh Sebagai Pahlawan Nasional

Trending Now

Iklan

iklan