CIANJUR, [KC],- Fluktuasi perdagangan belakangan ini kian tidak terkendali. Harga daging sapi meroket, harga cabe naik, pun harga beras meninggi, termasuk sejumlah  komodoitas pangan lainnya. Bahkan harga daging sapi ini dikenal sebagai harga daging  tertinggi di dunia, mencapai  Rp 100 ribuan/kg. Kondisi seperti ini tentu  mengkhawatirkan, sebab  di pihak lain daya beli masyarakat cenderung menurun.

Pada kondisi seperti inilah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kab. Cianjur memiliki peranan penting. Dinas ini bisa melakukan ragam ikhtiar  untuk mengelola  tata niaga sembako agar tidak terlalu membebani para pedagang yang ujung-ujungnya memberatkan konsumen atau masyarakat.  Walaupun memang,  sebut Wakil Bupati Cianjur Suranto, fluktuasi harga di Cianjur berkaitan dengan fluktuasi harga di tingkat nasional.

“Disperindag tidak bisa menstabilkan harga  secara sendirian, karena fluktuasi harga  berkaitan dengan tingkat  suplay atau pemasokan di tingkat nasional, termasuk kebijakan pemerintah pusat. Tetapi tetap saja harus berikhtiar  agar fluktuasi harga tidak terlalu memberatkan  pelaku usaha yang ujung-ujungnya  membebani masyarakat,” kata Suranto, pada apel pagi di disperindag, Jl. Aria Wiratanudatar,  Senin (10/8).

Tentu, tutur Suranto, peranan disperindag tidak sekadar di saat-saat fluktuasi harga kritis. Dinas ini harus berperan maksimal di banyak  ranah lainnya, seperti  merangsang gairah pelaku usaha, menjaga stabilitas harga, mengawal tata niaga komoditas, menggali sumber komoditas baru, dan sebagainya. Inti dari ikhtiar disperindag ini menuju peningkatan pendapatan pelaku usaha yang akhirnya  memicu  pertumbuhan ekonomi Cianjur.

Begitu pun, lanjutnya,  disperindag harus membuka  peluang investasi dari luar. Berbagai cara membuka peluang investasi   ini diantaranya, memperkenalkan komoditas lokal bernilai ekonomi tinggi, sekaligus mempermudah,  dan mempermurah  pengurusan perijinan. Iklim investasi berdayatarik tinggi diyakininya bakal mengundang para investor yang pada akhirnya membuka peluang kerja dan meningkatkan ekonomi masyarakat. [KC.10]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.