CIANJUR, [KC].- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Cianjur nomor urut 2, Irvan Rivano Muchtar- Herman Suherman, prihatin dan menyesalkan ulah pendaki yang bermain api sehingga menyebabkan kebakaran, di areal alun-alun Suryakencana Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

“Kami kaget mendengar kabar itu. Saat ini musim kemarau, semua harus waspada. Terlebih ini di areal TNGGP.  Ini jadi pelajaran penting, mari jaga lingkungan kita. Kalau kita tidak menjaga, maka alam akan mengancam kehidupan kita nantinya. Juga akan membahayakan hidup anak cucu kita nantinya,” kata Irvan seusai diskusi dengan pemuda Cianjur Selatan.

Irvan yang juga Ketua Karang Taruna Kabupaten Cianjur ini menjelaskan, TNGGP yang ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1980 ini adalah jantung kehidupan alam di wilayah Cianjur. Sebagai kawasan yang luasnya mencapai 22.851,03 ha ini, TNGGP memberikan banyak manfaat untuk kehidupan rakyat Cianjur. Lahan pertanian, perkebunan, air, udara, tanah yang subur dan ekosistem lainnya, bersumber dari terjaganya ekosistem di TNGGP.

Jika kemudian, wilayah konservasi dan ekosistem di kawasan TNGGP terganggu atau bahkan rusak. Maka dikatakan pria lulusan SMPN 1 Cianjur ini, habitat ekosistem dan sumber daya alam di Cianjur akan teganggu.

“Bayangkan di TNGGP ada ribuan tumbuhan langka, hidup berbagai hewan liar seperti macan tutul. Kalau disana lingkungannya rusak, maka alamiah mereka akan mencari kehidupan baru dan khawatirnya berpindah ke lingkungan manusia. Bila alam disana juga rusak, maka lingkungan kita akan terancam juga. Karenanya, ayo jaga lingkungan. Patuhi aturan, kalau kata pihak TNGGP dilarang untuk naik, ya jangan naik dulu. Jangan juga main api disana,” jelasnya.

Hal senada dikatakan calon Wakil Bupati Herman Suherman. Menurutnya, sudah jelas dalam perintah agama, manusia diharuskan menjaga lingkunganya. Sebab lingkungan yang terjaga, maka akan memberikan kehidupan kepada manusia.

“Kalau alamnya dijaga baik. Maka alam juga akan baik dengan kita. Tapi sebaliknya, bila kita jahat terhadap lingkungan, maka kita akan mendapat balasanya. Dalam Al-Qur’an jelas itu, telah rusak di darat dan laut karena ulah manusia. Dan bila kita tidak menjaganya, merusak, maka kita tidak bersyukur terhadap nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Ayo jaga lingkungan kita,” kata Herman.

Selain itu, keduanya juga berterima kasih kepada tim gabungan TNGGP, relawan dan masyarakat sekitar yang telah berhasil memadamkan api di area lima hektar yang terbakar. “Terima kasih semua yang telah membantu memadamkan api di sana. Terima kasih juga kepada masyarakat yang patuh terhadap himbauan pihak TNGGP untuk tidak naik dan menjaga lingkungan,” pungkas keduanya  [KC-02/dak]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.