CIANJUR, [KC].- Disela-sela jadwal kampanye pasangan nomor urut 2, Irvan Rivano Muchtar dan Herman Suherman. Calon Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar mengunjungi pengrajin Sapu Tamiangsangkir Prodak Itik Kurih di Kampung  Sukun RT 01 RW 11 Desa Sukabakti Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur Kamis (10/9/2015).

Irvan berbincang-bincang dengan pengrajin dan menanyakan proses produksi dan permodalan. Gayung pun bersambut  dengan nada polus pengrajin yang bernama Lilis (45), menerangkan, selama ini ia mengandalkan modal sendiri. Untuk saat ini, banyak permintaan dari para pembeli, tapi karena modal kurang jadi permintaan dibatasi.

"Karena itu, dengan adanya kunjungan dari calon bupati cianjur Irvan Rivano Muchtar mudah-mudahan kalau nanti jadi bupati ada keberpihakan kepada pelaku usaha lokal seperti kami," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukabakti Tatang DS didampingi Sekertaris Desa  Mamat S memaparkan, sedikitnya ada tiga kampung yang memproduksi Sapu Tamiangsangkir. Masing-masing di  Kampung  Pasir Awi Kampung  Ranca Kaso dan Kampung Sukun. "Dalam satu bulan, warga disini bisa memproduksi 7 ribu sapu," katanya.

Untuk biaya, papar dia,  biaya produksi dari awal pembuatan sampai siap untuk dijual Rp 12 ribu, sedangkan harga jual ke tengkulak  Rp 14 ribu. "Jadi ada keuntungan satu sapu Rp 2 ribu," imbuhnya.

Kebanyakan, kata dia, sapu dijual ke Bandung dan Garut, sedangkan dijual  ke Cianjur Kota jarang. "Kenapa dijual ke luar  daerah, karena lokasi Naringgul dekat dengan Bandung dan Garut, sementara kalau ke cianjur kota sangat jauh," paparnya.

Tatang memaparkan, para pengrajin sapu ingin ada peningkatan kesejahteraan. Karena itu, Tatang berharap kepada Irvan Rivano Muchtar untuk memfasilitasi para pengrajin sapu. "Tahap awal dibentuk kelompok dulu, dan ada koperasi serta suntikan modal," imbuhnya.

Sementara itu, calon bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar sangat mengapresiasi pengrajin sapu Naringgul. Pihaknya tentu akan membantu pengrajian ini.

Apalagi potensi lokal ini perlu dikembangkan. Ke depan , kata Irvan, kalau ditakdirkan menjadi bupati Cianjur, para pengrajin sapu akan diberikan pelatihan, untuk selanjutnya akan diberikan modal usaha. "Visi misi IRM ke depan tentu ada program pemberdayaan UKM, salah satunya usaha kerajinan sapu Naringgul," imbuhnya.

Irvan juga meminta doa dan dukungannya dalam Pilkada tahun ini. "Insa Allah jika kami ditakdirkan menjadi bupati dan wakil bupati Cianjur , cianjur akan lebih maju dan agamis," pungkasnya [KC-02/dak]**

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.