CIANJUR, [KC].- Ingin menatap dunia dengan lebih jelas, itulah salah satu harapan dari ratusan warga yang berkumpul di Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kab. Cianjur, Jl. Perintis Kemerdekaan (Jebrod), Rabu (16/9/2015).  Mereka antri memeriksakan mata gratis guna mengetahui penyakit yang dideritanya, sehingga tidak mampu memandang dunia dengan lebih jelas.

“Entah penyakit apa, Pak, yang pasti pandangan saya kabur, apalagi kalau melihat jarak jauh. Semoga saja melalui pemeriksaan ini saya mengetahui penyakit mata saya untuk kemudian diobatinya,” jawab Imas Masitoh (43), warga Desa Sukamulya, Kec. Cilaku, di sela-sela ia mengantri untuk diperiksa.

Pemeriksaan mata cuma-cuma yang dilakukan LKNU bekerjasama dengan RS Mata Cicendo Bandung ini memang diperuntukan warga miskin. LKNU yang diketuai dr. Mein Suranto, sengaja menyisir warga miskin  yang berpotensi penyakit katarak dari pelosok pedesaan. Di kantor LKNU mereka diperiksa dokter ahli mata.

“Jika benar-benar mengidap katarak, mereka selanjutnya diboyong ke  RS Cicendo untuk dioperasi yang tentunya gratis juga,” tutur dr Mien, di kantor LKNU. Sedangkan jika bukan katarak, mereka dianjurkan memakai kaca mata.

Wakil Bupati Cianjur Suranto pada pembukaan pengobatan mata gratis mengungkapkan, pemeriksaan mata gratis ini idealnya sampai ke pelosok pedesaan. Sebab ditengarainya di pelosok masih banyak warga miskin mengidap penyakit katarak. Kalaupun mereka membiarkannya, itu karena terbentur ketidakmampuan financial.

Oleh karena itulah, ke depan LKNU bisa lebih proaktif lagi, agar masyarakat di pelosok kebagian giliran pemeriksaan gratis, tanpa harus jauh-jauh ke kota. “Ke depan LKNU yang akan mendatangi bapak-bapak dan ibu-ibu memberikan layanan pemeriksaan mata gratis, bahkan layanan kesehatan lainnya,” tegas Suranto yang juga Penasihat LKNU, sekaligus calon bupati Cianjur pada pilkada 2016-2021 [KC-02/smec]**
 

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.