CIANJUR, [KC].-  Tiga orang penghuni kamar kos dicokok petugas gabungan dari Badan Narkotika Nasioonal Kabupaten (BNNK) Cianjur, Badan Nakortika Naisonal Provinsi (BNNP) Jawa Barat, Subdenpom, dan Satuan Polisi Pamong praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur saat melakukan razia ke sejumlah kos-kosan di Cianjur, Jum'at (11/9).

Ketiga penghuni kamar kos tersebut terpaksa diamankan petugas lantaran hasil dari tes urine yang dilakukan positif mengandung narkoba. Mereka harus mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan.

Informasi yang berhasil dihimpun meneyebutkan, razia kos-kosan yang dilakukan tim gabungan terdiri dari 3 petugas subdenpom, 10 anggota satpol PP dan petugas BNN itu diawali dengan menyambangi kos-kosan di Kampung Gelar Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cianjur.

Saat dilakukan razia dadakan tersebut, banyak penghuni kos yang masih terlelap tidur kelabakan. Mereka terkejut saat petugas tiba-tiba mengetuk pintu kamar kos satu persatu. Para penghuni kos ada diantaranya yang baru terbangun dari tidurnya. Sehingga terlihat kebingungan saat petugas meminta identitasnya.

Satu persatu petugas didata identitasnya. Mereka tidak bisa menghindari kedatangan petugas yang sudah siap mengantisipasi jika ada yang berupaya kabur. Nampak sejumlah penghuni kos terlihat malu-malu saat petugas menanyakan identitasnya. Satu persatu penghuni kamar kos itupun dilakukan tes urine oleh petugas. 

Dari hasil tes urine di lokasi pertama, petugas menangkap seorang penghuni yang positif menggunakan narkoba jenis sabu. Penghuni kos-kosan itu harus digelandang oleh petugas untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Tidak hanya berhenti disitu, petugas gabungan kembali melanjutkan razia dengan menyambangi kos-kosan di Kampung Pasir Gede Raya, tepatnya di samping RSUD Cianjur. Setibanya di lokasi kedua itu, petugas langsung mengumpulkan penghuni kamar kos. Satu persatu dilakukan pendataan dan dilakukan tes urine.

Tanpa bisa menolak, mereka tidak luput dari pengawasan petugas dalam melakukan tes urine. Hasilnya dua orang penghuni kamar kos berhasil dijaring karena juga positif menggunakan narkoba jenis sabu.

Razia kamar kos tersebut juga sempat menyita perhatian warga yang kebetulan melintas. Mereka berhenti untuk menyaksikan tindakan petugas yang merazia kamar kos. Demikian juga warga sekitar yang mengetahui adanya razia, pada berdatangan untuk menyaksikan dari dekat.

"Yoga (23) salah seorang penghuni kamar kos, mengaku dirinya tidak terlalu kaget dengan adanya razia. Pasalnya dia merasa tidak pernah menggunakan barang haram itu, sehingga tidak ada yang perlu dikawatirkan. "Hanya sempat kaget saja, tapi tidak masalah. Kenapa harus takut kita clien kok, tidak pernah pakai yang begituan (narkoba)," paparnya.

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Bimbingan Masyarakat BNNK Cianjur, Hasan, mengatakan, operasi tersebut digelar untuk menekan terjadinya peredaran narkotika dan ganja di Kabupaten Cianjur.  Kos-kosan menjadi salah satu sasaran razia, lantaran diindikasikan selama ini dijadikan tempat pemakai barang haram itu.

"Kos-kosan memang kerap dijadikan tempat untuk para pengguna dan penjual dalam bertransaksi. Oleh karenanya kami targetkan kos-kosan untuk digelar razia. Terbukti ada diantaranya yang positif hasil dari tes urinenya," kata Hasan.

Menurutnya, saat ini kos-kosan yang lebih rentan terhadap peredaran narkoba itu adalah kos-kosan yang dihuni para mahasiswa. Sebab saat ini yang menjadi target penjualan ialah para remaja. "Sasaran peredaran narkoba saat ini kepara remaja, lantaran masih labil mudah dipengaruhi. Kami akan terus lakukan razia seperti ini untuk menekan peredarannya," tegasnya.

Dikatakan Hasan, ketiga penghuni kamar kos yang positif hasil tes urinenya itu, pihaknya belum mau menyebutkan identitasnya. "Kita belum ungkap saat ini, masih dalam pengembangan. Kita akan telusuri darimana barang haram itu didapatnya," tegas Hasan  [KC-02/is]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.