Iklan

iklan

HSN Diduga Ajang Kampanye

Friday, October 23, 2015 | 5:19:00 AM WIB Last Updated 2015-10-22T22:59:42Z
CIANJUR, [KC].- Perayaan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang dilaksanakann kemarin dengan menggelar pawai diduga kuat dimanfaatkan kampanye salah satu pasangan calon (paslon) bupati/wakil bupati Cianjur 2016-2021.

"Perayaan berupa pawai itu diduga dimanfaatkan salah satu paslon. Mereka yang pawai memakai seragam batik berlogo IRM (Irvan Rivano Muchtar), nama cabup nomor urut 2," kata Rizki Hergia, pemerhati politik lokal Cianjur.

Sepengetahuannya, pada Kamis (22/10/2015) itu agenda kampanye paslon nomor urut 1. Pun perayaan HSN merupakan hari besar yang tidak boleh dimanfaatkan kampanye pilkada. Namun publik pun mengetahui persis, peserta pawai diantaranya dari kalangan guru diniyah berseragam batik berlogokan IRM.

Atas kejadian ini seharusnya Panwas menindaknya. Sebab meskipun pelanggarannya dianggap tidak signifikan, tapi jika dibiarkan akan menjadi preseden buruk. Nanti, sebut Rizki, setiap paslon atau tim pemenangan paslon akan seenaknya menerabas rambu-rambu pilkada. Bahkan sangat mungkin pola-pola busuk yang berkategori pelanggaran berat dilakukan.

Paslon maupun tim pemenangan seharusnya memberikan contoh baik kepada masyarakat. Sebab pilkada 9 Desember mendatang merupakan pendidikan politik bagi masyarakat. "Masyarakat seharusnya diajari beretika dalam politik," pungkas dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi ini.

Sementera itu peringatan HSN yang dilaksanakan di parkir Harimart yang menyebut diikuti sekitar 10 ribu santri ternyata kebanyakan dihadiri oleh siswa dan siswi Diniyah Takmiliyah. Kalaupun ada sejumlah santri jumlahnya tidak signifikan [KC-02/SMeC]**
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • HSN Diduga Ajang Kampanye

Trending Now

Iklan

iklan