CIANJUR, [KC].- Calon Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar (IRM) sangat terkesan dengan keberadaan rumah seni Adam Jabbar & Cafe d’Volks, di kawasan komplek perumahan BTN Gombong Cianjur.

Kesan itu dirasakan Irvan ketika berkunjung ke rumah seni yang dirawat oleh budayawan Cianjur, Adam Jabbar. Arsitektur bangunan yang natural, nuansa yang teduh, membuat setiap orang bahkan Irvan pun betah berlama-lama ditempat yang nyaman tersebut.

“Kang Adam Jabbar memang begitu ramah dan enak diajak bicara. Sambil ngobrol santai dengan nuansa rumah kebun yang asri, sepertinya rumah milik Adam Jabbar memang didedikasikan untuk kesenian dan berkesenian,” kata Irvan.

Rumah seni ini dirasakan Irvan adalah rumah yang bisa mengembalikan kesejatian ruh kemanusiaan seseorang.  Mereka yang setiap hari disibukkan oleh pekerjaan, hingga semua aura dan ruhnya terfokus pada kata ‘kerja’, ketika masuk ke rumah seni ini, ruh kembali kepada jati dirinya sebagai manusia. “Bisa terasa tenang di suasana yang teduh dan alami, ketika duduk di bangku-bangku kayu dan berbagai ornamen unik dan berbau seni,” paparnya.

Saya sendiri, kata Irvan, nyaman ketika berada di sini, bisa ngobrol dibawah pohon rindang, udara yang sejuk dan teduh. Melihat buku-buku kebudayaan dan ornamen seni yang menghisasi, tambah Irvan,  seakan ingin menyadarkan kita bahwa sebagai manusia, hidup itu tidak melulu bekerja tapi menjadi manusia yang melindungi alam, memanusiakan manusia, dan terpenting menyadari apa yang kita lakukan saat ini semata untuk anak cucu kita nanti.

“Saya juga di sini  menikmati beberapa hidangan seperti  kopi hideung sahideung-hideungna, jus asoy geboy cianjuran dan pisang ajib surajib, akan sangat mengasyikkan lagi ketika berbicara dengan pemiliki rumah seni ini, tentang berbagai cerita termasuk soal Cianjur,” paparnya.

Kang Adam Jabbar, jelas Irvan,  memang begitu ramah dan enak diajak bicara. Pituah-pituahna, sangat bisa diresapi, Sambil ngobrol santai dengan nuansa rumah kebun yang asri.  Sepertinya rumah milik Adam Jabbar memang didedikasikan untuk kesenian dan berkesenian.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Adam Jabbar mempersembahkan lukisan hasil karyanya kepada Irvan., yang dibuatnya sejak sebelum Irvan dicalonkan menjadi Bupati Cianjur. “Saya melukis beliau (IRM), sebelum menjadi calon bupati. Alhamdulillah kita bisa bertemu melalui silaturahmi. Saya langsung memberikan lukisan kepada beliau,” kata Adam Jabbar [KC-02/dak]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.