CIANJUR, [KC].- Sejumlah warga yang rumahnya porak-poranda akibat terhempas puting beliung mulai memperbaiki rumahnya. Kebanyakan warga yang memperbaiki rumahnya itu mereka yang mampu. Namun sejumlah warga lainnya masih menunggu uluran tangan dermawan akibat keterbatasan.

Sekertaris Desa (Sekdes) Desa Sukaraharja Kecamatan Cibeber Kab. Cianjur, Cucu mengungkapkan, warga yang mulai memperbaiki rumahnya merupakan warga yang mampu. Warga yang kurang mampu yang rumahnya rusak masih membiarkan kerusakan yang terjadi.
"Yang punya uang mereka memperbaiki sendiri rumahnya. Tapi yang kurang mampu masih membiarkan kerusakan rumahnya. Kebanyakan rumah yang rusak akibat gentengnya hancur," kata Cucu saat dihubungi, Rabu (14/10/2015).

Dikatakan Cucu, saat ini warga sangat mengharapkan adanya bantuan bahan bangunan seperti halnya genteng. "Bantuan bahan bangunan saat ini sangat dibutuhkan, terutama genteng. Warga yang mampu bisa beli sendiri, tapi yang kurang mampu sangat membutuhkan bantuan itu," jelasnya.
Namun demikian, bantuan dalam bentuk uang juga sangat dinantikan. "Seandainya ada bantuan kenapa tidak sama uang saja. Kalau uang bisa dibelikan untuk keperluan bahan untuk rumah," paparnya.

Sejauh ini kata Cucu, bantuan yang sudah diterima warga berupa bantuan makanan kalengan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Cianjur. "Baru ada bantuan makanan kalengan. Kalau yang pak Indra yang rumahnya roboh ada bantuan seperti alat perabotan rumahtangga seperti panci dan selimut," katanya.

Diberitakan, sedikitnya 99 rumah di Kampung Sangkali, Kampung Pudunan dan Kampung Pasir Layung Desa Sukaraharja Kecamatan Cibeber Kab. Cianjur porak poranda akibat terhempas oleh puting beliung, Selasa (13/10/2015) petang. Bahkan ada diantaranya yang sampai roboh. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, kerugian materi ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Rumah yang roboh akibat puting beliung tersebut diantaranya milik Indra (41) dan Amud (70). "Kedua rumah itu roboh, beruntung saat kejadian penghuninya sedang diluar rumah, sehingga tidak sampai ada korban jiwa," kata Deden Alam Purnama (42) seorang warga.

Menurutnya, dari 99 rumah yang rusak diterjang puting beliung itu diantaranya di Kampung Pasir Layung RT 01/RW 03, dua rumah ambruk dan 52 rumah rusak. Sedangkan di Kampung Sangkali RT 02/RW 03 sebanyak 38 rumah rusak dan di Kampung Pudunan RT 01/RW 04 sebanyak 7 rumah rusak [KC-02]**.








Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.