Iklan

iklan

Kapolres Cianjur Inisiasi Bangun Rumah Andun, Keluarga Yang Pernah Menanak Batu

Wednesday, November 4, 2015 | 6:05:00 AM WIB Last Updated 2015-11-03T23:05:06Z
CIANJUR, [KC].- Kapolres Cianjur AKBP Asep Guntur Rahuyu menginisiasi membangun rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang dihuni Andun Suherman (45) warga Kampung Bolenglang RT 01/RW 10, Desa Sukasari, Kecamatan Cilaku, Kab. Cianjur. Tindakan kapolres tersebut dilakukan setelah keluarga yang kurang mampu itu sempat memasak batu untuk menenangkan anaknya yang merengek minta makan hingga tertidur.

"Ada teman yang cerita bahwa suatu ketika dia mampir ke rumah pak Andun dan mendapati istri pak Andun sedang merebus batu. Setelah ditanya alasannya, Istrinya pak Andun menjelaskan bahwa dia sengaja merebus batu untuk mengelabui anaknya yg merengek terus tidak bisa tidur karena kelaparan, sementara dia tidak punya bahan makanan. Dia bilang ke anaknya bahwa dia sedang merebus makanan tapi belum matang. Sampai akhirnya anak itu ketiduran," cerit Asep saat dihubungi, Selasa (3/11).

Berangkat dari situlah mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu tergerak dan memberikan bantuan makanan kepada keluarga Andun. Tidak hanya itu ia kemudian menggalang donasi kepada berbagai pihak untuk memikirkan membangun rumah layak huni.

"Esok harinya saya dan para perwira Polres Cianjur mengunjungi pak Andun dan keluarganya di rumahnya. Memang sangat memprihatinkan, kami berpikir kalau turun hujan maka akan kehujanan. Disitulah kami sepakat untuk membangun rumah. Hanya saja tanahnya tidak ada karena pak Andun tidak memiliki tanah," kata Asep.

Atas inisitifnya, Kapolres kemudian menemui kepala BPN Cianjur untuk mencari tanah. "Dan Alhamdulillah ada warga namanya  pak Kilin mau menghibahkan tanahnya 72 meter persegi. Pada saat itu juga saya bertemu pak Budi manager Perumnas dan beberapa donatur yang akhirnya bersepkat untuk mengumpulkan dana. Pembangunannya sendiri dilaksanakan oleh PT Perumnas yang biasa buat rumah," jelas Asep.

Pembangunan rumah keluarga kurang mampu itu awalnya direncanakan selama 45 hari. Namun ternyata lebih cepat hanya dilaksanakan selama 35 hari. "Pelaksanaanya lebih cepat 10 hari, pada akhir Oktober kami telah serahkan langsung ke pak Andun," katanya.

Kini keluarga yang sempat menanak batu demi menidurkan anaknya yang kelaparan itu bisa berlega hati bisa menempati rumah yang permanen dibangun oleh donatur atas inisiasi Kapolres Cianjur Asep Guntur Rahayu. "Sekarang yang menjadi pikiran saya pekerjaan pak Andun, karena dia tidak punya pekerjaan tetap. Semoga ada yang bersedia mempekerjakannya," harap Asep.

Syaiful Budiman Kepala Perumnas Cianjur yang dipercayakan untuk melaksanakan pembangunan rumah Andun mengaku saat itu dirinya "diangkat" menjadi kepala pelaksana pembangunan rumah. "Kata beliau (Kapolres-red) saya pasti menguasai teknologi pembangunan rumah, ditambah jarak antara tempat pak Andun dengan perumahan yang saya bangun cukup dekat. Saya dipercaya oleh beliau dan rekan-rekan yang lain untuk menggarap progres pembangunan," ujar Budi.

Diakui Budi, rumah Andun yang bertipe 36 dibangun dengan anggaran minim namun berkualitas. Ia mengaku memangkas harga pembangunan rumah itu hingga 50%.  "Memang dan yang terkumpul diserahkan untuk progres pembangunan, harga saya pangkas namun semua material yang dipakai untuk pembangunan itu saya pilih yang terbaik dan bangunannya jelas berkualitas," katanya [KC-02/gm]**
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolres Cianjur Inisiasi Bangun Rumah Andun, Keluarga Yang Pernah Menanak Batu

Trending Now

Iklan

iklan