CIANJUR, [KC].- Calon Bupati Cianjur  nomor urut 2, Irvan Rivano Muchtar menegaskan, bila terpilih nanti,  tiga pilar budaya cianjur yaitu Maos, Mamaos dan Maenpo akan terus ditingkatkan.

“Maos artinya membaca. Jadi Maos ini merupakan kegiatan membaca Al-Quran. Kegiatan Maos ini di lakukan oleh umat Islam,” kata Irvan sesuai menghadiri deklarasi Laskar Muda Padjajaran mendukung pasangan nomor urut 2 di Kampung Nanggeleng Kaler Desa  Nagrak Cianjur baru baru ini.

Irvan menjelaskan, untuk Mamaos merupakan  kesenian khas Cianjur.  Seni ini tidak jauh berbeda dengan seni karawitan, yaitu seorang sinden yang di iringi musik khas Jawa Barat. Musik ini sangar harmonis dan enak untuk di dengarkan.

Sedangkan Maenpo salah satu seni beladiri asal Cianjur, tidak jauh beda dengan Pancak Silat dan Tarung Drajat dari Bandung, bedanya saat petarung berkelahi, mereka di iringi oleh lagu, sehingga para petarung itu bersemangat. “Untuk kegiatan sehari –hari  Laskar Muda Padjajaran lebih kepada seni Maenpo atau seni bela diri asal Cianjur,” paparnya.

Ke depan, kata Ketua Karang Taruna Kabupaten Cianjur ini, jika ditakdirkan menjadi Bupati Cianjur. Setiap ada tamu kenegaraan ke Pendopo, maka tamu terlebih dahulu akan disuguhkan kesenian Maenpo diiringi lagu cianjuran. “Jadi para tamu kenegaraan akan lebih mengenal lebih jauh tentang filosofi Cianjur,” terangnya.

Selain itu, kata Irvan, pihaknya akan memasukan kesenian Maenpo kepada kurikulum ekstrakulikuler di setiap sekolah. Dengan harapan kesenian ini akan semakin hidup lagi. “Kita sama-sama membangun Cianjur lebih maju lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Laskar Muda Padjajaran, Tedi Subarkah didampingi anggota, Yuce Awan Safrial dan Andri Budiman memaparkan, pihaknya  mendukung pasangan Irvan-Herman , karena memiliki visi dan misi yang jelas,khususnya dalam melestarikan nilai-nilai  seni dan  budaya kasundaan,yaitu mamaos,ngaos  dan  maenpo. Dengam harapan mewujudkan aturan daerah dalam bidang kebudayaan. “Insya Allah Kang Irvan dan Kang Herman bisa mewujudkannya,” imbuhnya [KC-02/dak]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.