CIANJUR, [KC].- Nanti tak ada lagi warga miskin yang tidak bisa berobat. Bahkan pelayanan kesehatan (yankes) bisa didapatkan dengan mudah dan gratis pula. Karena di setiap desa di Kab. Cianjur bakal ada klinik yang memberikan yankes gratis kepada warga miskin.

"Kuncinya, pilih nomor urut 3 pada hari pencoblosan 9 Desember nanti, agar saya menang pilkada Cianjur 2016-2021 untuk mewujudkan klinik di setiap desa ini," sebut Suranto, Selasa (24/11/2015).

Diakui cabup yang berpasangan dengan cawabup Aldwin Rahadian (Oki) ini, urusan yankes memang masih menjadi masalah di Cianjur, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kesehatan baru mencapai 71,26 dan Angka Harapan Hidup (AHH) 67,50. Agar IPM ini meningkat banyak hal yang bisa dilakukan, diantaranya penyediaan klinik di setiap desa ini. Diharapkannya nanti paling tidak mencapai IPM kesehatan 73 lebih dan AHH 69.

Klinik yang tersedia di desa tentu saja tidak berfungsi sekadar mengobati. Klinik yang dibuat baik oleh pemkab atau melibatkan pihak swasta ini berfungsi pula sebagai promotif preventif. Klinik mengadvokasi atau menyosialisasikan perilaku hidup sehat kepada masyarakat. Sebab urusan perilaku ini sangat penting dalam mendongkrak AHH. "Intinya klinik akan kami sediakan di setiap desa untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," ujarnya.

Cabup yang masih menjabat sebagai wakil bupati ini pun meminta agar masyarakat memegang teguh sikap politiknya memilih nomor 3. Abaikan saja jika ada pihak yang mencoba-coba menyuap dengan imbalan mencoblos pilihannya. "Kalau mau, sich, ambil saja, tapi mencoblos tetap nomor 3," sebutnya.

Namun Suranto meyakini masyarakat sekarang pintar dan beradab. Masyarakat sangat paham bahwa perilaku suap-menyuap atau politik uang diharamkan dalam agama. Masyarakat Cianjur yang dikenal agamis dipastikannya akan menghindari perilaku busuk seperti politik uang itu [KC-02/SMeC]**


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.