Dendy Kristanto
CIANJUR, [KC].-  Pemkab Cianjur dijadwalkan akan segera menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak pada bulan Juni 2016 mendatang. Setidaknya terdapat 78 desa yang jabatan kepala desanya sudah habis diharuskan menggelar Pilkades.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kab. Cianjur Dendy Kristanto mengungkapkan, rencana Pilkades serentak tersebut saat ini masih masuk dalam tahap persiapan. Pihaknya tengah mengusulkan terusan aturan dari Perda nomor 5 tahun 2015.

"Kami tengah mengusulkan terusan regulasinya seperti peraturan bupati (Perbub). Saat ini sudah berada di bagian hukum. Kita targetkan akhir Januari ini sudah bisa kelar dan pada bulan Februari sudah bisa melaksanakan sosialisasi tentang Pilkades," kata Dendi, Rabu (27/1/2016).

Dendy menyebut, dalam pelaksanaan pilkades serentak tersebut, masa jabatan pilkades yang habis hingga bulan Juli 2016 akan diikutsertakan dalam Pilkades serentak. Sementara desa yang jabatan kadesnya kosong akibat meninggal dunia dan masih ada waktu masa jabatannya tidak diikutsertakan pilkades serentak namun dilakukan penggantian.

"Ada sekitar 10 desa yang kadesnya meninggal sebelum masa tugasnya berakhir. Kabar terakhir Desa Sindangjaya Kecamatan Cipanas. Ini akan segera dilakukan penggantian, tidak masuk dalam pilkades serentak," katanya.

Pelaksanaan Pilkades serentak tersebut diharapkan bisa berlangsung tepat waktu. Untuk itu jika desa yang sudah habis jabatan kadesnya pada bulan Juli, enam bulan sebelumnya harus telah membuat pemberitahuan dan membentuk kepanitian.

"Waktu yang kita rencanakan itu 5 Juni, tapi kalau melihat kalender sepertinya berkaitan dengan tradisi munggahan sebelum puasa. Bisa kemungkinan akhir Mei dan yang pasti tidak bisa lewat dari tanggal 5 Juni. Kita harapkan nantinya berjalan tepat waktu," tegasnya [KC-02]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.