CIANJUR, [KC].- Kepala Dinas Bina Marga Kab. Cianjur geram menyusul banyaknya utilitas yang mengganggu keberadaan saluran air. Akibat banyaknya utilitas seperti milik telkom, PDAM, PLN dan seluler tersebut mengakibatkan terjadinya banjir.

"Tidak banjir bagaimana, kalau salurannya menjadi tersumbat. Apa tidak bisa pembangunan utilitas seperti tidak mengganggu keberadaan saluran air atau gorong-gorong," kata Kepala Dinas Bina Marga Kab. Cianjur Atte Adha Kusdinan kepada PRLM di ruang kerjanya dengan nada kesal, Selasa (26/1/2016).

Dengan kondisi seperti itu tidak jarang Bina Marga selalu dituding tidak benar dalam membangun saluran atau gorong-gorong air. Padahal faktanya tidak demikian. Keberadaan utilitas itu yang mengganggu fungsi dari saluran dan gorong-gorong.

"Ya kalau tidak dihalangi dengan utilitas itu tidak akan banjir. Jangan hanya Bina Marga saja yang terus dipersalahkan bila terjadi banjir akibat saluran dan gorong-gorong tersumbat. Perusahaan yang membangun utilitas itu juga harus bertanggungjawab," kata Atte.

Pihaknya menyebut, keberadaan utilitas yang mengganggu keberadaan saluran dan gorong-gorong di seputaran kota Cianjur itu jumlahnya cukup banyak. Kondisi itu tidak bisa didiamkan harus ada pemindahan ketempat yang tidak mengganggu keberadaan saluran dan gorong-gorong.

"Saya akan kirim surat ke sejumlah perusahaan yang membangun utilitas ditempat yang mengakibatkan banjir. Saya minta untuk dipindahkan dalam waktu 30 hari kedepan, itu harus dilakukan. Mereka selama ini membangun juga tidak koordinasi," kata Atte.

Jika perusahaan-perusahan itu tidak mengindahkan suratnya untuk memindahkan utilitasnya. Pihaknya mengancam akan memasang papan pengumuman kalau keberadaan utilitas tersebut mengakibatkan banjir.

"Kalau tidak dipindahkan, saya akan pasang papan pengumuman. Misalnya perusahaan A ini telah mengakibatkan banjir karena saluran dan gorong-gorong menjadi tersumbat," tegasnya [KC-02]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin | Sekretaris Redaksi : Iman Sulaiman, M.Si | Redaktur Pelaksana : Mustofa | Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, M Fikri, Eris Risdianto, Muhammad Nasrul, Arsy, Intan Permatasari | Produksi TV : Nurholis Mahmud, Winda. | Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Cianjur 089698682683. | CV. MEDIA INFORMA : Direktur utama : Sari Yulianti | Komisaris : Imam Misbah | YAYASAN KABAR CIANJUR | Dewan Pembina : Sari Yulianti | Ketua Umum : Asep Moh. Muhsin, Sekretaris : B Mustofa, Bendahara : Siti Solihah Nurhalimah

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.