Iklan

iklan

Kadis Bina Marga Geram, Utilitas Sebabkan Banjir

Wednesday, January 27, 2016 | 4:24:00 AM WIB Last Updated 2016-01-26T21:24:03Z
CIANJUR, [KC].- Kepala Dinas Bina Marga Kab. Cianjur geram menyusul banyaknya utilitas yang mengganggu keberadaan saluran air. Akibat banyaknya utilitas seperti milik telkom, PDAM, PLN dan seluler tersebut mengakibatkan terjadinya banjir.

"Tidak banjir bagaimana, kalau salurannya menjadi tersumbat. Apa tidak bisa pembangunan utilitas seperti tidak mengganggu keberadaan saluran air atau gorong-gorong," kata Kepala Dinas Bina Marga Kab. Cianjur Atte Adha Kusdinan kepada PRLM di ruang kerjanya dengan nada kesal, Selasa (26/1/2016).

Dengan kondisi seperti itu tidak jarang Bina Marga selalu dituding tidak benar dalam membangun saluran atau gorong-gorong air. Padahal faktanya tidak demikian. Keberadaan utilitas itu yang mengganggu fungsi dari saluran dan gorong-gorong.

"Ya kalau tidak dihalangi dengan utilitas itu tidak akan banjir. Jangan hanya Bina Marga saja yang terus dipersalahkan bila terjadi banjir akibat saluran dan gorong-gorong tersumbat. Perusahaan yang membangun utilitas itu juga harus bertanggungjawab," kata Atte.

Pihaknya menyebut, keberadaan utilitas yang mengganggu keberadaan saluran dan gorong-gorong di seputaran kota Cianjur itu jumlahnya cukup banyak. Kondisi itu tidak bisa didiamkan harus ada pemindahan ketempat yang tidak mengganggu keberadaan saluran dan gorong-gorong.

"Saya akan kirim surat ke sejumlah perusahaan yang membangun utilitas ditempat yang mengakibatkan banjir. Saya minta untuk dipindahkan dalam waktu 30 hari kedepan, itu harus dilakukan. Mereka selama ini membangun juga tidak koordinasi," kata Atte.

Jika perusahaan-perusahan itu tidak mengindahkan suratnya untuk memindahkan utilitasnya. Pihaknya mengancam akan memasang papan pengumuman kalau keberadaan utilitas tersebut mengakibatkan banjir.

"Kalau tidak dipindahkan, saya akan pasang papan pengumuman. Misalnya perusahaan A ini telah mengakibatkan banjir karena saluran dan gorong-gorong menjadi tersumbat," tegasnya [KC-02]**
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kadis Bina Marga Geram, Utilitas Sebabkan Banjir

Trending Now

Iklan

iklan