CIANJUR, [KC].- Ini satu bukti bahwa masyarakat Cipanas menginginkan adanya areal Car Free Day (CFD). Betapa tidak hari pertama diberlakukan CFD, Minggu (21/2/2016) ribuan masyarakat baik anak-anak atau dewasa memadati areal CFD yang diberlakukan di Jalan balakang tepatnya mulai jalan pertigaan ke Pos Polisi 55 hingga jalan Gadog II tepatnya depan kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-UMKM).

Masyarakat rela berdesak-desakan untuk mendapatkan udara segar bebas dari asap kendaraan. Meski hanya berlaku mulai pukul 05.30 hingga 09.00 WIB, masyarakat memanfaatkan untuk berbagai aktivitas seperti olahraga dan kuliner.

Kepala Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas, Yusuf Saefudin menuturkan, pihaknya sangat mendukung dan bangga adanya CFD untuk pertama kali yang berada diwilayahnya menuju Desa Gadog Kecamatan Pacet. "Ini sebagai salah satu ajang untuk olahraga dan menyambung tali silaturahmi," kata Yusuf di sela kegiatan CFD.

Dikatakan Yusuf, selama ini masyarakat sangat mendambakan adanya kegiatan olahraga diruang publik. Pasalnya, selama ini fasilitas umum untuk berolahraga tidak ada. "Ini bisa menjadi tempat pameran, dan unjuk kreativitas meski hanya beberapa jam," katanya.

Adanya CFD diakuinya bisa mengangkat potensi masyarakat lokal. Seperti adanya pelaku UMKM yang menjajakan dagangannya, namun mereka juga terlihat begitu tertib berdagang. "Kami dukung adanya CFD, kita harapkan bisa terus mengangkat seni kreativitas dan budaya daerah," jelasnya.

Ketua Panitia CFD Rudi Lazuardi mengaku akan terus menjaga betul - betul ajang CFD ini agar berfungsi bukan hanya sebatas keramaian saja, namun menjadi tempat olahraga, hingga ajang silaturahmi.

"Masyarakat Cipanas sudah lama mendambakan adanya CFD, karena sudah sejak lama mereka merindukan adanya areal terbuka untuk berolahraga, hiburan, dan berkreativitas. Dengan adanya CFD iti bisa terlaksana. Kedepan kami akan mengemas acara dengan berbagai pentas seni dan mengangkat nilai kesenian daerah," paparnya.

Kapolsek Pacet Kompol Pardiyanto menuturkan, antusiasme masyarakat pada hari pertama diberlakukan CFD cukup tinggi. Pihaknya yang langsung terlibat dalam pengamanan melakukan penutupan dan sosialisasi pembukaan jalur dengan menggunakan mobil.

"Ini harus bisa benar-benar dimanfaatkan untuk kegiatan positif. Khususnya untuk kegiatan olahraga, karena terbebas dari polusi kendaraan. Kita harapkan CFD ini terus berjalan lancar, aman, tertib , dan kondusif. Tentunya hal ini harus didukung oleh semua pihak dengan bersama-sama menjaga ketertiban," tegasnya.

Camat Cipanas Firman Firdaus mengungkapkan tidak jauh berbeda. Banyaknya masyarakat yang datang membuktikan bahwa CFD dibutuhkan. "CFD ini terbukti sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga kedepan acara ini akan terus berlanjut di Cipanas," kata Firman.

Kegiatan CFD bisa terlaksana tidak terlepas adanya yang baik semua pihak seperti Brimob, Polsek Pacet, Kecamatan, Desa dan seluruh masyarakat di Cianjur Utara. "Ini harus terus dijaga dan dilaksanakan, karena benar dibutuhkan masyarakat, meski hanya seminggu sekali," ungkapnya [KC-02/far]**
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.