CIANJUR, [KC].- Sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur ditengarai memiliki potensi untuk berkembangnya faham menyimpang dan radikalisme. Oleh karena itu perlu dilakukan pendeteksian secara dini untuk menangkal berkembangnya bibit paham radikalisme di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Badan Kestuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat, Khoirul Naim pada kegiatan Pembekalan Tangkal Radikalisme kepada puluhan tokoh masyarakat, pemuda dan tokoh agama di gedung Juang 45 Cianjur, Rabu (24/2/2016).

"Apalagi kalau melihat geografis Cianjur yang ada di sejumlah pelosok dan pedalaman masih cukup sulit untuk diakses.‬ Ini yang harus diwaspadai. Harus tetap dilakukan deteksi dini agar bisa ditekan keberadaannya. Jangan sampai berkembang sedemikian rupa," kata Khoirul.

Selain Cianjur, daerah yang masuk kategori rawan adalah Kuningan. Namun demikian bukan berarti mengensampingkan daerah yang dianggap tidak rawan dalam pengawasan. Karena satu daerah ditetapkan rawan, bisa saja daerah yang dianggap tidak rawan ternyata juga menyimpan kerawanan tumbuhnya radikalisme.‬

‪"Intinya yang namanya faham radikalisme dan menyimpang itu bisa terjadi dimana saja. Bisa saja faktor penyebabnya karena ekonomi, politik, budaya dan lain sebagainya. Jadi kami tidak bisa menganggap aman maka itu berarti aman sepenuhnya. Semua tetap harus diwaspadai, termasuk daerah yang tidak masuk peta daerah rawan," ungkapnya.

Untuk melakukan melakukan deradikalisasi serta penanganan tumbuh-kembang paham radikalisme menyimpang di sejumlah daerah, pihaknya masih terus menjalin komunikasi dan kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Untuk penanganan dan menekan perkembangan paham menyimpang dan radikalisme di tengah masyarakat memang membutuhkan penanganan khusus.‬ BNPT sudah punya peta radikalisme ini. Untuk cara dan mekanismenya juga kan BNPT yang punya kewenangan. Jadi kami terus komunikasi," tegasnya [KC-02]**

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.