CIANJUR, [KC].- Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cianjur berhasil mengamankan sekitar 57 karung ganja kering siap edar dalam sebuah truk dobel Nopol F 8583 SJ di pinggir jalan raya di daerah Kampung Pasir Ipis RT 11/RW 03 Desa Tegal Panjang Kecamatan Cirenghas Kab. Sukabumi, Jum'at (19/2/2016) sekira pukul 03.30 WIB. Ganja yang berhasil diamankan itu seberat 2,17 ton dengan nilai lebih dari Rp 3 miliar.

Sementara tiga orang yang diduga pemilik dan sopir truk berhasil kabur ke semak-semak saat dilakukan penyergapan. Namun dari tiga orang tersebut satu diantaranya identitasnya sudah diketahui dan masih dalam pengejaran.

"Kita perlu waktu tiga bulan untuk mengungkap masalah ganja ini. Alhamdulillah berkat doa masyarakat kita berhasil mengamnkan barang bukti ganja seberar 2 ton lebih. Pemiliknya kita masih kejar, mudah-mudahan bisa segera tertangkap," kata Kepala BNNK Cianjur Hendrik saat ditemui di kantornya.

Dugaan kuat ganja tersebut berasal dari Aceh dengan jumlah partai besar. Modusnya mereka memindahkan partai besar itu kedalam truk untuk diedarkan ke sejumlah daerah dengan paket lebih kecil. "Saat ini kita sudah amankan. Setelah kita timbang jumlahnya mencapai 2,17 ton," tegasnya.
Dikatakan Hendrik penyergapan terhadap kendaraan truk pengangkut ganja itu bermula saat BNNK mendapatkan informasi adanya pengiriman barang terlarang itu melalui Cianjur. Petugas BNNK bergerak cepat dengan melakukan pengintain.

Ketika mendapati kendaraan truk yang mencurigakan didaerah perbatan Cianjur-Sukabumi, sejumlah anggota BBNK terus membuntuti. Trukpun melaju ke arah Sukabumi dan sesampainya sebelum Sukaraja berbelok ke arah kiri menuju Tegal Panjang.

"Kami langsung koordinasi dengan BNNK Sukabumi dan pihak kepolisian. Ketika kita sergap, ternyata truk sudah kosong ditinggal penumpangnya kabur ke semak-semak. Kita sempat melakukan pengejaran, tapi kita hentikan mengingat kondisi malam dan membahayakan. Tidak menutup kemungkinan ketiga pelakunya membawa senjata api," papar Hendrik.

Setelah dilakukan pengecekan, truk yang terbungkus terpal dengan rapih itu ternyata didalmnya tumpukan karung yang ditutupi kardus. Saat sebagian karung diperiksa isinya ganja kering yang sudah di pak dalam paket besar.

"Kecurigaan kita truk itu terlihat membawa barang penuh, tapi kok seperti tidak membawa barang berat. Pasti ada sesuatu dan itu terbukti setelah kita amankan ternyata ganja," katanya.
Meski ketiga pelakunya kabur, Hendrik mengaku sudah mengantongi satu identitas yang kini sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). "Kita sedang melakukan pengejaran, mudah-mudahan segera tertangkap," katanya.

Setelah sempat singgah dan ditimbang di BNNK Cianjur, 57 karung berisikan ganja itu selnjutnya dibawa ke BNN Provinsi Jawa Barat untuk disimpan sebelum dimusnahkan [KC-02]**








Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.