CIANJUR, [KC].- Akhirnya pengoperasian Kereta Api (KA) Siliwangi perintis layanan Cianjur-Sukabumi diresmikan oleh Menteri Perhubungan (Merhub) RI, Ignasius Jonan di stasiun KA Cianjur, Jum'at (19/2). Pengoperasian layanan KA Cianjur-Sukabumi itu mendapatkan subsidi dari pemerintah pusat hingga miliaran rupiah.
Turut hadir di acara peresmian pengoperasian KA Siliwangi Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Wakil Bupati Cianjur Suranto, dan Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz.
"Ini layanan lebih murah dibandingkan dengan model transportasi lain, tiket kereta ini hanya Rp 3.000," kata Ignasius Jonan kepada sejumlah wartawan seusai melepas satu rangkaian gerbong KA Cianjur-Sukabumi.
Dikatakan Jonan, harga tiket murah KA Siliwangi tersebut tidak terlepas akibat adanya subsidi yang diberikan pemerintah sebesar Rp 9,2 miliar. Jonan juga menegaskan bahwa status KA perintis ini akan tetap diterapkan hingga dipandang tidak diperlukan lagi. Bahkan, jika muatan penumpangnya cukup tinggi maka statusnya bisa menjadi public service obligation (PSO).
"Rangkaian kereta perintis ini terdiri atas empat gerbong kereta penumpang, satu kereta pembangkit, dan satu gerbong kereta makan," katanya.
Kedepan kata Jonan, KA Siliwangi diarapkan bisa melayani hingga Padalarang dan Bandung. "Kita harapkan tahun 2017 sudah bisa dioperasikan KA Cianjur Padalarang dan Bandung," tegasnya.
Saat ini kata Jonan, pemerintah tengah menggeiatkan upaya revitalisasi jalur KA. Revitalisasi jalur KA ini tengah dilakukan di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. "Kita ingin layanan KA ini menjadi salah satu transportasi yang diminati masyarakat," tegasnya.
Secara terpisah, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, peresmian KA perintis ini akan sangat membantu warga Cianjur dan Sukabumi. Pasalnya, ongkos yang dibebankan kepada warga cukup murah hanya Rp 3.000.
Aher mengatakan, Pemprov Jabar akan mendukung program revitalisasi jalur rel kereta yang dilakukan pemerintah pusat. Misalnya dengan mengucurkan anggaran daera untuk kegiatan tersebut. "Pemprov jelas akan membantu, apalagi ini untuk kepentingan masyarakat banyak," paparnya [KC-02]**
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!






Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.