Iklan

iklan

Bibit Samad Rianto Kukuhkan DPD GMPK Kab. Cianjur

Thursday, March 24, 2016 | 2:28:00 PM WIB Last Updated 2016-03-24T07:28:49Z
CIANJUR[KC],- Kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Indonesia mendapat dukungan dari berbagai lembaga masyarakat yang peduli terhadap upaya negara memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Ini ditunjukkan melalui pengukuhan sekaligus deklarasi  Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Kabupaten Cianjur oleh Ketua Umum Bibit Samad Rianto yang pernah menjadi Wakil Ketua KPK yang digelar di Aula Pertemuan  Pondok Pesantren Al-Ittihad Karangtengah Cianjur (24/3).

Ketua DPD GMPK Kabupaten Cianjur, Asep Toha mengatakan dibentuknya GMPK Kabupaten Cianjur bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat dan  aparatur negara agar tidak terjerumus kepada kasus-kasus korupsi, dirinya juga akan membentuk relawan-relawan dari kalangan santri, pelajar, dan masyarakat lainnya agar dalam memerangi korupsi harus bersama-sama tidak bisa sendiri-sendiri.

"Tujuan awalnya adalah pencegahan dan pendidikan kepada para pelaku pemerintahan dan orang-orang yang dekat dengan pemerintah. Termasuk laporan dari masyarakat yang akan diproses jika ada indikasi dan alat bukti," Ungkapnya.

Sementara Ketua Umum GMPK Bibit Samad Rianto mengatakan kehadiran lembaga pendukung seperti ini lebih dikedepankan untuk tindakan pencegahan daripada penindakan. Karena melihat pengalaman yang lalu, meskipun sudah banyak tertangkap, tetapi nampaknya masih belum menimbulkan efek jera bagi pelaku lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan satu program yang bisa menutup kran tindakan korupsi sampai mengurangi kebiasaan korupsi (korupsi bukan budaya, tetapi kebiasaan).

"Tentunya kita meminta semua pihak juga agar bisa membantu sekaligus mengawasi. Pencegahannya sendiri, bagaimana agar lahan korupsi itu bisa kita tutup, supaya tidak ada lagi. Makanya kita lebih mengutamakan tindakan pencegahan daripada penindakan," tegasnya.

"KPK itu kekurangan tenaga, makanya saya bentuk GMPK untuk membantu mencegah dan menangkal tindakan korupsi. Kalau kita hanya menggantungkan ke KPK saja, tidak akan selesai korupsi itu," tandasnya.

Struktur kepengurusan GMPK Kabupaten Cianjur antara lain Ketua Asep Toha, R Yulian Faluzia, Wandi Ruswannur, RD.S.A Al Azis Revino, Marios Devys, Destiana Husnul Chotimah, Ridwan Mubarok, Heri Firmansyah, Dodi FT. [KC.10]***
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bibit Samad Rianto Kukuhkan DPD GMPK Kab. Cianjur

Trending Now

Iklan

iklan