Penulis :Benning Rizahra 
Guru Konsultan Sekolah Literasi Indonesia Yayasan Pendidikan Dompet Dhuafa

Kelas merupakan tempat belajar yang harus dibuat nyaman agar siswa betah berada di kelas. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh kebijakan kepala sekolah maupun kompetensi guru dalam mengelola kelas.

Guru harus mengetahui masa anak-anak pada usia sekolah dasar, dimana mereka senang dengan keceriaan dan penuh warna. Sehingga apabila guru sudah mengetahui hal tersebut, seharusnya guru dapat mengelola kelas dengan baik sehingga anak akan semangat untuk ke sekolah dan semangat untuk belajar.

Menurut Chatib (2014) menyatakan bahwa paradigma guru di Finlandia, apabila muridnya tidak memahami materi ajar, maka yang harus disalhkan adalah gurunya. Dari pernyataan Chatib tersebut jelas bahwa guru memiliki tanggungjawab untuk membuat muridnya memahami materi ajar.

Mulai dari methode yang menarik, sikap guru yang selalu dirindukan siswanya, juga suasana kelas yang indah. Suasana kelas yang indah dapat didukung dengan adanya display kelas. Display kelas yaitu merupakan suatu media yang digunakan untuk memberikan informasi penting sebagai penunjang pembelajaran yang merupakan hasil karya siswa (Sampurno, 2013). Jadi, display kelas merupakan pajangan yang ada dikelas yang bertujuan untuk memberikan informasi penting mengenai pembelajaran dan merupakan hasil karya siswa. 

Guru dapat membuat display kelas dengan memajang hasil karya siswa mengenai materi pembelajaran. Misalkan menempel bersama bentuk-bentuk bangun datar pada kertas karton, lau ditempel di dinding kelas. Selain itu, guru dapat memasang hasil menggambar siswa, sehingga siswa akan bangga karena dapat meilhat hasil karyanya.

Display kelas harus dibuat semenarik mungkin dengan penuh warna dan memiliki bentuk yang menarik. Bahan untuk membuat display kelas tidak harus dari barang baru, bisa dari barang bekas dan bahan-bahan lainnnya seperti daun, ranting, plastik, dan lain-lain.

Ketika kelas sudah indah dengan pajangan-pajangan hasil karya siswa yang penuh warna, hal itu akan membuat siswa tertarik untuk selalu hadir ke sekolah untuk melihat hasil karyanya. Selain itu display kelas akan membuat kelas yang menarik siswa yang pada usia sekolah dasar senang dengan keceriaan dan penuh warna.
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.