Iklan

iklan

Peluang Investasi Pasar Modal Syariah Sangat Terbuka

Thursday, April 28, 2016 | 5:11:00 PM WIB Last Updated 2016-04-28T10:11:24Z
CIANJUR,[KC],- Perkembangan pasar modal syariah Indonesia terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) yang dipublikasikan oleh OJK pada Desember 2015, kapitalisasi pasar saham syariah mencapai Rp 2.852 triliun atau 55,42% dari total kapitalisasi pasar sebesar Rp 5.146,75 triliun.

Jika dilihat dari jumlah saham syariah mencapai 337 saham syariah, ini 59,96% dibanding total emiten yang mencapai 562, Indeks saham syariah atau ISSI berada di level 161,710 atau tumbuh 10,7% dalam 5 tahun terakhir, sementara JII berada di level 664,803, atau rata-rata pertumbuhan indeksnya mencapai 12,74% dalam 5 tahun terakhir.

Namun demikian, perkembangan tersebut perlu diimbangi dengan tingkat pemahaman yang baik oleh masyarakat. Hal ini mengingat bahwa tingkat literasi seputar pasar modal syariah yang masih rendah. Sehingga diperlukan kerja keras untuk meningkatkan pemahaman yang baik, tentang pasar modal syariah kepada masyarakat khususnya, dan mendorong kesadaran para pelaku industri keuangan terhadap pasar modal syariah.

Hasil survey menunjukkan bahwa tingkat pengenalan masyarakat Indonesia terhadap lembaga jasa keuangan hanya 21,84% penduduk Indonesia tergolong well literate  atau memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan.

Atas dasar tersebut, MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) dengan menggandeng MES Wilayah maupun di daerah kembali melakukan sosialisasi dan edukasi pasar modal syariah kepada masyarakat, melalui program Roadshow Pasar Modal Syariah tahun 2016 bersama BEI (Bursa Efek Indonesia). Selain untuk mendorong peningkatan market share, hal ini juga dimaksudkan untuk memberikan pemahaman secara komprehensif, tentang investasi syariah dan mencegah berkembangnya investasi ilegal yang saat ini masih marak terjadi dimasyarakat.

Herlan Firmansyah, Ketua Umum PD MES Cianjur menuturkan, kegiatan SPMS ini sangat diminati masyarakat baik akademisi, praktisi, pelaku usaha UMKM hingga ibu rumah tangga, hal tersebut ditunjukkan dengan data peserta yang tercatat di panitia. Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan ini diantaranya untuk memberikan edukasi dasar dan menyeluruh tentang aktifitas Pasar Modal Syariah di Indonesia, membantu menyiapkan individu-individu menjadi calon investor yang berkualitas di Pasar Modal Syariah, meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai investasi di Pasar Modal Syariah dan meningkatkan jumlah investor di Pasar Modal Syariah Indonesia. “Usai kegiatan ini, ada beberapa program unggulan kami berikutnya, yaitu menyelenggarakan workshop pasar modal syariah, program short course bank syariah hingga majelis ta’lim ekonomi syariah” pungkas Herlan.  [KC.04/Iman]***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peluang Investasi Pasar Modal Syariah Sangat Terbuka

Trending Now

Iklan

iklan