kabarcianjur.com - KABUPATEN Cianjur sejak dulu dikenal sebagai salah satu daerah penghasil beras terbaik di Indonesia. Itu sebabnya upaya untuk menjaga kualitas beras Cianjur terus dilakukan berbagai pihak, mulai dari pemerintah daerah, masyarakat dan juga sektor swasta. AQUA Grup yang menjalankan kegiatan operasional melalui pabriknya di Kecamatan Gekbrang pun telah menjalankan program pengembangan pertanian sehat secara terpadu sejak pabrik mulai dibangun pada tahun 2009.

“Program ini dilaksanakan secara berkelanjutan kerjasama dengan masyarakat di kecamatan Gekbrong dan LSM,” kata Direktur Aqua Grup Rachmat Hidayat, seusai menghadiri peresmian penetapan Kecamatan Gekbrong sebagai  pusat pertanian sehat di Desa Kebon Peteuy, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Rabu (5/25).

Menurut Rachmat, pengembangan program pertanian sehat di Kecamatan Gekbrong ini terus dilakukan oleh Himpunan Petani Organik Cianjur (HIPOCI). Kini Hipoci yang beranggotakan sekitar 700 petani telah mampu menghasilkan beras 133 ton per musim tanam. “Hasil produksi itu telah mampu mememuhi kebutuhan konsumen beras sehat di cianjur, Bandung dan Jakarta,” paparnya.

Rachmat memaparkan, penetapan kecamatan Gekbrong sebagai pusat pertanian sehat di Cianjur ini merupakan hasil kerjasama Hipoci,  Pemkab Cianjur dan Aqua Grup.  Kerjasama ini diarahkan agar beras sehat hasil produksi Hipoci dapat didistribusikan atau dijual oleh para pengelola Aqua Home Service (AHS), di Jabodetabek.  “Jadi AHS, selain mendistibusikan produk  Aqua galon, juga akan menjual beras sehat dari Kecamatan Gekbrong,” jelasnya.

Sementara itu, Humas Aqua Gekbrong, Jajang memaparkan, pada hari ini juga kita menyaksikan peluncuran beras sehat merk Orisa yang diolah dengan menggunakan system pertanian ramah lingkungan dan peresmian rumah penggilingan padi. Acara peresmian ini juga ditandai dengan penanaman padi sehat oleh 1.000 orang di atas lahan seluar lima hektar yang diiringi penampilan kesenian tradisional. “Para pengujung juga dapat melihat secara langsung hasil produksi Hipoci berupa produk perikanan, pertanian, peternakan dan makanan,” papranya.

Terpisah, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman memaparkan, keberadaan Hipoci dan kiprahnya kemudian membuat Kecamatan Gekbrong kini ditetapkan sebagai pusat pertanian sehat di kabupaten Cianjur. “Dengan ditetapkannya Kecamatan Gekbrong sebagai pusat pertanian sehat di Cianjur diharapkan lahan pertanian di Gekbrong dapat dikelola secara optimal, sehingga pendapatan petani pun meningkat,” imbuhnya. [KC-02/dak]**
Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.