CIANJUR, [KC].-Diduga rem blong, mikro bus Kobutri Jabar (Po. JS) Nomor Polisi F 7503 WD nyungsep ke parit setelah menabrak tiang reklame dan pilar pembatas jalan di Jalan Raya Cianjur Sukabumi tepatnya di Kampung Jati, Desa/Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Selasa (4/9) sekira pukul 07.40 WIB.

Akibatnya pelasan penumbang bus mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke RSUD Cianjur untuk mendapatkan penangan medis.

Menurut penuturan sopir mikro bus Wahyu, saat itu bus yang dikemudikan berangkat dari terminal Sukabumi sekitar pukul 06.30 WIB. Sesampainya di Pasar Gekbrong Cianjur bus sempat berhenti karena kondisinya macet di jalan sekitar pasar.

"Saat berhenti di depan pasar Gekbrong karena padat arus lalu lintasnya, kondisi rem bus tidak apa-apa. Masih berfungsi dengan baik, rem masih bisa digunakan. Tidak ada tanda-tanda kerusakan sama sekali," kata Wahyu.

Setelah arus lalu lintas lancar, bus kembali melaju seperti biasa dengan melintasi kondisi jalan yang terus menurun. Sampainya di daerah Kampung Jati atau sekitar 100 meter dari pabrik Aqua, sopir bus melihat angkot, bus sangkuriang dan rombongan sepeda motor tengah berhenti.

Saat itu Wahyu berupaya mengerem lajunya bus. Tapi tiba-tiba rem tidak berfungsi. Dalam kondisi laju bus cukup kencang ia masih berupaya memperlambat laju bus dengan mengganti persneling ke yang lebih kecil. Tapi tidak juga berhasil, bus tetap melaju kencang.

"Saya melihat rombongan sepeda motor, mobil honda jaz, bus sangkuriang tengah berhenti karena ada angkot yang menurunkan penumpang. Saya sempat berfikir kalau dibuang ke kanan banyak kendaraan dari arah berlawanan dan pasti akan memakan korban. Disaat itulah saya nekad mengambil jalur kiri," kata Wahyu.

Hanya hitungan detik, bus yang dikemudikan terus melaju dan menghantan tiang reklame, pilar pembatas jalan. Bus baru berhenti setelah terjerembab ke dalam parit."Semuanya luka-luka, tidak sampai ada yg meninggal, saya juga sempat menolonng seorang ibu dibelakang saya yang berdarah akibat terkena pecahan kaca," tandasnya.

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Bangun Erik Prakarsa membenarkan kecelakaan yang menimpa mikro bus tersebut diduga akibat rem blong. Sopir tidak bisa menguasi kendaraanya hingga membuangya kesebelah kiri dan masuk kedalam parit. Tidak ada korban jiwa dalam peritiwa kecelakaan itu, hanya seluruh penumpang bus menderita luka-luka.

"Saat ini kami tengah mendalami kejadiannya. Sopir bus tengah dimintai keterangan untuk mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan. Dugaan sementara kecelakaan tersebut akibat rem blong atau tidak bisa berfungsi saat memasuki jalan yang menurun," papar Erik [KC-02]**

Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.