Iklan

iklan

Kemensos RI Bentuk Kampung Siaga Bencana di Desa Mekarmulya Cikalongkulon

Saturday, November 12, 2016 | 3:54:00 PM WIB Last Updated 2016-11-12T08:54:42Z
CIANJUR, [KC],- Kementerian Sosial Republik Indonesia  membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Mekarmulya kecamatan Cibinong Kabupaten Cianjur.

Kampung Siaga Bencana (KSB) adalah model pendekatan penanggulan bencana berbasis masyarakat untuk berubah pola pikir dan pola tindak masyarakat dalam penanggulan bencana yaitu melalui upaya mempersiapkan masyarakat agar lebih mampu mengelola kerentanan, ancaman dan resiko diwilayahnya sesuai potensi lokal melalui proses perencanaan, pengorganisasasian, penyelenggaraan dan pengendalian.

Hal ini disampaikan Direktur Bantuan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos, Adi Karyono dalam sambutannya pada kegiatan Apel Geladi Lapang dan Simulasi KSB di Lapangan Desa Mekarmulya Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur (12/11).

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Kabupaten Cianjur Irvan Rivano Muchtar, Anggota DPR RI  RI H. Deding Ishak, Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Dinas Sosial Propinsi Jawa Barat, dan tokoh masyarakat lainnya.

Adi menjelaskan bahwa untuk mewujukan maksud dan tujuan diatas, organisasi pelaksana yang terlibat sebagai personil KSB harus mampu melakukan kolaborasi, koordinasi dan kerjasama yang baik dengan berbagai stakeholder yang terdapat dilingkungan setempat, baik unsur pemerintahan, swasta, LSM, relawan dan masyarakat pada umumnya.

Menurutnya, ada 323 kota/kabupaten di Indonesia yang memiliki indeks risiko bencana tinggi. dan Cianjur masuk di urutan pertama di Jawa Barat sebagai daerah rawan bencana. Untuk itu, masyarakat di Cianjur perlu pengetahuan dan keterampilan untuk dapat membantu menangani bencana.

"Pembentukan KSB ini diharapkan mampu membantu pemerintah untuk menangani berbagai bencana yang sering terjadi di Desa Mekarmulya ," kata Adi. [KC.01]**



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemensos RI Bentuk Kampung Siaga Bencana di Desa Mekarmulya Cikalongkulon

Trending Now

Iklan

iklan