kabarcianjur.com - JUMLAH Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2018 di Kabupaten Cianjur mencapai 1.649.874 pemilih. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. Dari jumlah DPS tersebut, 60.447 pemilih belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Jumlah DPS sebanyak 1.649.874 pemilih terdiri dari 838.825 pemilih laki-laki dan 811.049 pemilih perempuan. Adapun jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pelaksanaan Pemilihan Gubvernur dan Wakil Gubernur mencapai 3.921 TPS.

Hal itu terungkap dalam Rapat Pleno Terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur yang dilaksanakan di aula Husni Kamil KPU Cianjur, Jumat (16/3/2018) lalu. Dalam rapat pleno tersebut sempat terdapat catatan yang disampaikan oleh tim pemenangan paslon nomor 2 terkait dengan pemilih yang belum memiliki KTP-el.

"Sebenarnya memang ditujukan bukan ke kita, karena kita tidak memiliki kewenangan untuk progres perekaman KTP-el dan cenderung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil," kata Ketua KPU Cianjur Anggy Sophia Wardhani kepada awak media.

Menanggapi catatan dari tim pemenangan paslon nomor 2, pihaknya akan terus melakukan kordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkait pemilih yang belum memiliki KTP-el. Ia menargetkan sebelum DPT, semua pemilih yang sudah terdaftar dalam DPS itu sudah melakukan perekaman dan memiliki KTP-el.

Sementara bagi pemilih yang belum terdata dalam DPS, menurut Anggy, KPU mmberikan toleransi dengan tahapan hasilperbaikan. Warga bisa aktif mendaftar kepenyelenggara ad hoc yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ditingkat kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa.

"DPS hasil perbaikan itu ada waktu sepuluh hari yang bisa dimanfaatkan oleh pemilih yang belum terdaftar. Selanjutnya hasil perbaikan itu akan dibawa ke pleno sebelum memasuki penetapan DPT yang sesuai dengan jadwal sekitar bulan April mendatang," tegasnya. [KC-02/**]





Axact

Kabar Cianjur

Pemimpin Redaksi : Asep Moh. Muhsin, Redaktur Pelaksana : Mustofa, Wartawan/Reporter : Asep M, Iman Sulaiman, Yedi Mulyadi, Ahmad Jaelani, Muhammad Fikri, Produksi TV : Aves Marley.Kantor Redaksi Kabar Cianjur : Jl. Siliwangi Kp. Kebonmanggu Sawahgede Cianjur 085724070444

Post A Comment:

0 comments:

Terima Kasih atas saran, masukan, dan komentar anda.