Iklan

iklan

Forum Pengurangan Risiko Bencana Kab. Cianjur Dikukuhkan

Admin
Tuesday, January 7, 2020 | 7:00:00 PM WIB Last Updated 2020-01-11T00:34:14Z
CIANJUR, [KC],- Dalam upaya menanggulangi bencana yang ada di Kabupaten Cianjur, Pemkab Cianjur terus melakukan berbagai cara salah satunya Pembentukan Forum Pengurangan Risiko Benana (F-PRB) yang diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait hal yang harus dilakukan jika terjadi bencana.

Forum PRB ini dikukuhkan langsung oleh Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman dan dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Ganjar Ramadhan, beserta Perangkat Daerah lainnya, di Ruang Garuda Pendopo Pemkab Cianjur, Selasa (07/01).

Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman mengatakan, untuk menanggulangi bencana ini harus dilakukan bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat. Seperti halnya dalam menjaga lingkungan yang bersih.

VIDEO : Kemensos RI Launcing Kampung Siaga Bencana

“Saya kedepan tidak mau menangani bencana alam tetapi mengantisipasi dengan cara mengarahkan masyarakat dengan hal positif contoh kecil dengan cara menanam pohon, tidak membuang sampah sembarangan dan sebagainya”. Kata Herman usai pengukuhan.

Herman menuturkan, sebelumnya dibentuk Retana (Relawan Tangguh Bencana) untuk menanggulangi bencana dengan cepat dan forum dikukuhkan untuk mengantisipasi apabila ada gejala-gejala yang akan terjadi dilapangan.

“Intinya mengantisipasi setiap gejala bencana yang ada, sehingga dengan cepat tanggap dan responsif ini bisa meringankan beban dan biaya yang dikeluarkan, itu harapan hal paling efektif”. Tuturnya.
Plt Bupati Cianjur juga menghimbau agar Kabupaten Cianjur ini bisa menjadi agen perubahan dalam rangka menangani lingkungan, karena bencana ini diawali dengan lingkungan.

Sementara Ketua Forum PRB Doddy Permadi mengatakan, untuk mengurangi risiko bencana diantaranya pencegahan mitigasi selanjutnya kesiapsiagaan dan pengalihan risiko dan hal itu tidak terlepas bimbingan BPBD.



“Kita akan berikan edukasi kepada masyarakat terkait penanggulangan kebencanaan sehingga bisa meminimalisir dampak yang terjadi jika terjadi bencana”. Tandasnya. [KC.08/Kominfo]**


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Forum Pengurangan Risiko Bencana Kab. Cianjur Dikukuhkan

Trending Now

Iklan

iklan