Iklan

iklan

Peduli Lingkungan, Plt. Bupati Cianjur Keluarkan Edaran Pengurangan Penggunaan Plastik di Cianjur

Admin
Wednesday, January 22, 2020 | 7:18:00 PM WIB Last Updated 2020-01-22T12:18:51Z
CIANJUR,[KC],-  Plt. Bupati Cianjur Haji Herman Suherman mengeluarkan surat edaran tentang pengurangan penggunaan plastik di Cianjur. Surat edaran ini ditujukan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah, Camat, Desa/Kelurahan, TNI, Polri, Lembaga Negara, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Perusahaan-Perusahaan Swasta, Lembaga Masyarakat, dan Komunitas Peduli Lingkungan.

"Kita ingin memulai gerakan mengurangi penggunaan plastik di Cianjur" kata Haji Herman seperti yang tertulis di akun instagram pribadinya @h.hermansuherman, Rabu (22/1).

Haji Herman mengatakan bencana alam yang belakangan ini terjadi di Cianjur dan wilayah Indonesia lainnya adalah bukti nyata terjadinya global warming.

"Oleh karena itu kami melakukan upaya pencegahan salah satunya dengan mengeluarkan surat edaran pengurangan penggunaan plastik ini," kata Haji Herman.

Dalam surat edaran bernomor 660.01/DLH/2020 ini, Bupati Cianjur menghimbau untuk melaksanakan kegiatan pengurangan pengunaan plastik pada setiap pelaksanaan rapat/koordinasi/sosialisasi/pelatihan dan kegiatan sejenis di gedung maupun hotel. Bupati berharap, dalam setiap kegiatan tersebut hidangan rapat (snack, makan, dan minum) yang tidak menggunakan pembungkus/kemasan dan tutup plastik. Disarankan menggunakan bahan organik atau bahan yang mudah terurai seperti daun atau kertas. Sedangkan untuk jamuan minum diminta untuk menyediakan cangkir-cangkir beserta sajian teh dan kopi produk lokal cianjur.

Baca Juga : BUMDes Tanggeung Apresiasi Dukungan Plt Bupati Pada Pengembangan Produk Lokal

Selain itu, Bupati juga menghimbau setiap kantin-kantin di kantor dan sekolah untuk tidak menjual makanan berkemasaan plastik. Setiap toko/minimarket/supermarket juga dihimbau untuk tidak menyediakan plastik belanja dan diganti dengan tas pakai ulang (reusable bag) atau kemasan dengan bahan organik/bahan yang mudah terurai.

Haji Herman mengajak kepada seluruh masyarakat Cianjur untuk ikut terlibat dalam gerakan ini.

"Kami juga menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Cianjur untuk ikut dalam gerakan ini mulai mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari. Misalnya ke minimarket bawa tas belanja sendiri yang bukan plastik, membawa tumblr atau tempat air minum ke mana-mana," ujar Haji Herman.

Video : NGABASO BARENG PLT BUPATI H. HERMAN SUHERMAN

Dengan demikian Haji Herman berharap masyarakat Cianjur bisa berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan. [KC.08]**
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peduli Lingkungan, Plt. Bupati Cianjur Keluarkan Edaran Pengurangan Penggunaan Plastik di Cianjur

Trending Now

Iklan

iklan